Home / Kota Musi / Berkas Empat Tersangka Korupsi Lahan Kuburan Lengkap

Berkas Empat Tersangka Korupsi Lahan Kuburan Lengkap

ilustrasi-lahan kuburan. FOTO-NET
ilustrasi-lahan kuburan. FOTO-NET

Palembang, KoranSN

Kasi Penuntutan Bidang Pidsus Kejati Sumsel Rosmaya kemarin mengungkapkan, berkas perkara empat tersangka dugaan kasus korupsi proyek pengadaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) alias kuburan di Baturaja Timur OKU kini telah dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa Kejati Sumsel.

Diungkapkannya, berkas dinyatakannya lengkap setelah jaksa memeriksa kelengkapan berkas perkara yang telah dilimpahkan penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel ke Kejati Sumsel.

“Dalam perkara ini ada empat tersangka yakni, ‘NJ’ (Kepala Dinas Sosial OKU), ‘AJD’ (mantan Asisten I OKU), ‘UM’ (mantan Sekda OKU) dan ‘HD’ (warga sipil). Kini berkas perkara empat tersangka semuanya telah kita nyatakan lengkap atau P21,” katanya.

Baca Juga :   Dianiaya Pegawai Hotel, Wanita di SU I Melapor ke Polisi

Masih dikatakan Rosmaya, dengan telah dinyatakan lengkap, selanjutnya pihaknya masih menunggu pelimpahan barang bukti dan keempat tersangkanya ke Kejati Sumsel.

“Hasil koordinasi yang telah dilakukan, dalam waktu dekat ini penyidik Polda Sumsel akan melakukan tahap keduanya, yakni melimpahkan barang bukti dan keempat tersangkannya ke Kejati Sumsel,” tandasnya.

Terpisah Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Hari Barata enggan berkomentar banyak terkait telah lengkapnya berkas perkara keempat tersangka dugaan kasus korupsi lahan kuburan di Baturaja Timur OKU.

“Ya memang benar berkasnya sudah dinyatakan jaksa lengkap atau P21. Dalam waktu dekat kita akan segera menyerahkan keempat tersangkanya ke Kejati Sumsel. Namun untuk keterangan yang lainnya nanti saja saat kita lakukan tahap keduanya,” ucapnya singkat.

Baca Juga :   Polisi Cari Sopir Taksi Online yang Hilang

Diketahui, proyek pengadaan lahan TPU ini menggunakan anggaran APBD Tahun 2012 sebesar Rp 6,1 miliar. Adapun Modus yang dilakukan tersangka diduga melakukan pengelembungan anggaran serta dalam pelaksanaan proyek diduga anggaran yang digunakan tidak sesuai dengan luas lahan yang disediakan.

Berdasarkan hasil audit BPK RI Perwakilan Sumsel dalam dugaan kasus ini diduga terjadi kerugian negara sebesar Rp 3,49 miliar.

Bahkan untuk mengungkap dugaan kasus tersebut penyidik Tipikor Polda Sumsel juga telah memeriksa Ketua DPRD OKU saat itu, ‘JY’ sebagai saksi dalam dugaan kasus korupsi ini. (ded)

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

Polres Empat Lawang Tangkap Pembawa 16 Kg Sabu

Palembang, KoranSN Pihak kepolisian Polres Empat Lawang, Selasa (20/8/2019) sekitar pukul 07.00 WIB berhasil menangkap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.