Rabu , September 26 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / Berpengalaman, Sumsel Jadi Tujuan Belajar Bidang Olahraga

Berpengalaman, Sumsel Jadi Tujuan Belajar Bidang Olahraga

Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar  saat memberikan cinderamata kepada Bupati Kabupaten Bogor, Nurhayanti. (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Memiliki banyak pengalaman setelah sukses dalam menyelenggarakan event-event olahraga kelas nasional bahkan international, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini menjadi acuan daerah lain untuk dijadikan tujuan belajar khususnya di bidang olahraga.

Kali ini, Bupati Kabupaten Bogor, Nurhayanti beserta rombongan, melakukan kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka Persiapan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII dan Pekan Olahraga Paralympic Daerah (Peparda) V Jawa Barat tahun 2018 ke Provinsi Sumsel dan diterima langsung oleh Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar, Kamis (22/2/2018) bertempat diruang Bina Praja.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, tidak heran kalau Provinsi Sumsel saat ini memang menjadi incaran daerah lain, dimana kemajuan Sumsel yang sangat pesat mengungguli di segala bidang, terlebih di bidang olaharaga. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Sumsel (Pemprov Sumsel) mempunyai komitmen yang kuat untuk membuat provinsi ini dikenal dunia.

“Pemprov Sumsel menganggap olahraga adalah hal yang paling tepat untuk memajukan dan mengenalkan daerah hingga ke belahan dunia sekalipun. Terbukti Kita (Provinsi Sumsel) berhasil menyelenggarakan 39 event international di satu tempat yang terintegrasi dan dilengkapi venue yang berstandar international yakni Jakabaring Sport City (JSC) ” ungkap Nasrun Umar.

Selain itu, Nasrun juga memaparkan secara rinci bagaimana perjuangan Provinsi Sumsel, berhasil ditunjuk sebagai tuan rumah pesta olahraga bangsa-bangsa Asia dari 45 negara yakni Asian Games. Selain itu, Nasrun juga menjelaskan mulai dari progress kelengkapan venue dan infrastruktur penunjang, diantaranya jalan tol, fly over, underpass serta yang paling membanggakan adalah pembangunan light rail transit (LRT) pertama di Indonesia.

Baca Juga :   Siaga Hadapi Konflik Antar Pendukung Paslon

Nasrun menambahkan, JSC juga menjadi cikal bakal Kota Mandiri. Lantaran, Jakabaring telah digunakan untuk penyelenggaraan event olahraga mulai dari PON 2004, Sea Games 2011, 3rd Islamic Solidarity Games 2013 dengan peserta 52 negara, 17th Association of South East Asian Nations (ASEAN) University Games pada tahun 2014. Sejak saat itu hampir 40 event olahraga bertaraf Asia, Asia Pacifik bahkan dunia digelar di JSC.

“JSC dilengkapi venue terbaik dan tercantik di dunia diantaranya venue dayung, shooting range, dan bowling yang sudah ditetapkan kejuaraan bowling 2019 main di Jakabaring. Dalam rangka melengkapi JSC smua OPD bersatu padu untuk menciptakan kelengkapannya,” ujarnya.

Sementara, Bupati Bogor, Nurhayanti menuturkan, bahwa dirinya tertarik dengan komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Sumsel untuk memajukan suatu daerah dari kegiatan olahraga.

Ia mengatakan, dari kegiatan olahraga yang diselenggarakan, Provinsi Sumsel berhasil membangun rumah sakit daerah, jembatan, fly over, underpass, hingga yang paling spektakuler itu LRT.

Baca Juga :   Sering Ditinggal Dodi Kampanye, Thia Curhat di Panggung

“Saya tertarik dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel, Bapak Alex Noerdin waktu itu, gubernur yang memberikan inspirasi untuk kita semua, memberikan semangat menyampaikan, walaupun APBD nya tidak besar tapi mampu mewujudkan sport center yang sangat luar biasa,” jelasnya

Untuk itu, dirinya sependapat dengan Sekda Sumsel, Nasrun Umar yang menyatakan, bahwa keberhasilan suatu program ini adalah komitmen dari pimpinan. Dimana menurutnya, yang membanggakan untuk Sumsel ini setiap berbagai kesempatan penilaian dari tingkat pusat itu selalu jadi pemenang.

“Kalau ada penilaian dari pusat, pasti Pak Alex itu berdiri kedepan, luar biasa ini yang harus dicontoh. Artinya tadi komitmen pimpinan, kedua kerjasama tim yang solid dan integritas,” katanya.

Nurhayanti melanjutkan, pemeliharaan JSC yang saat ini dikelola oleh BUMD ini juga menjadi contoh untuk Bupati Bogor. Menurintnya, langkah-langkah yang dilakukan provinsi Sumsel ini betul- betul menjadi pembelajaran dan akan segera dimplementasikan.

“Mungkin dari pengalaman ini akan kami implementasikan, tentu sajakan secara aturan itu sama baik dari provinsi maupun daerah ada aturan. Intinya adalah saya ingin penyelenggaraan Porda dan Peparda harus mewujudkan lima sukses (sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, sukses budaya dan sukses administrasi),” pungkasnya. (rgn/hms)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Antisipasi Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan, Dewan Sumsel Ingatkan PTBA

Palembang, KoranSN DPRD Sumsel daerah pemilihan (Dapil) 1 mengingatkan PTBA perihal tonase dan aturan pengangkutan ...

error: Content is protected !!