Minggu , Oktober 21 2018
Home / Kota Musi / BMKG Minta Warga Waspada Ancaman Karhutla

BMKG Minta Warga Waspada Ancaman Karhutla

Tampak peta sebaran titik pasan. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumsel meminta masyarakat di Sumatera Selatan khususnya di wilayah OKI, OKU, OKU Timur dan Ogan Ilir untuk mewaspadai potensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang perkirakan mudah terjadi di wilayah tersebut.

Tak hanya di kabupaten tersebut ancaman Karhutla juga berpontensi sangat mudah terjadi di sebagian besar wilayah Sumsel bagian Timur hingga Barat.

Informasi perkiraan cuaca di wilayah Sumsel dan sekitarnya ini disampaikan langsung Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji agar masyarakat Sumsel dapat mewaspadai ancaman cuaca yang diprediksi kemungkinan terjadi di Rabu 10 Oktober 2018 ini.

Baca Juga :   Pemkot Palembang Terima Sertifikat Digital Signature dari Badan Siber dan Sandi Negara

Bukan hanya Karhutla, lanjut Beny, hujan lokal dengan intensitas sedang juga akan dialami wilayah lainnya di Sumsel seperti Banyuasin.

“Selain itu kondisi cerah berawan yang berpotensi hujan lokal juga diperkirakan terjadi di Palembang, Muara Enim, Lubuklinggau dan Musi Rawas. Sedangkan potensi hujan ringan terjadi di PALI, Musi Rawas Utara dan OI,” jelasnya.

Masih dijelaskannya, sementara untuk cuaca ekstrem yang berpotensi terjadinya hujan disertai petir ataupun kilat diperkirakan terjadi di wilayah OKI, Musi Banyuasin, Muara Enim dan Lahat.

“Untuk suhu udara di Wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI bersuhu 24–34 °C, Kelembaban Udara 50%-97%. Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan bersuhu 19–32 °C dan kelembaban udara 65%-100%,” terangnya.

Baca Juga :   Jabat Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Sudirman Minum Air Sungai Musi (Foto)

Ia melanjutkan ini disebabkan karena Angin : Timur – Barat Daya memiliki kecepatan 05 – 30 km/jam dan Tinggi Gelombang Laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selatan mencapai 0.3 – 1.0 m serta Angin : Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 28 km/jam.

“Arus angin tersebut bukan hanya berdampak cuaca di Sumsel, hujan ringan juga terjadi di Bangka kecuali Selat Bangka bagian Utara yang kemungkinan terjadi hujan aedang,” ungkapnya. (den)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Mahasiswa Sukseskan Pemilu di Sumsel

Palembang, KoranSN Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (18/10/2018) mengajak mahasiswa di Sumsel untuk ...

error: Content is protected !!