Home / Kota Musi / Box Culvert Dinilai Sebagai Solusi Banjir di Kol H Burlian

Box Culvert Dinilai Sebagai Solusi Banjir di Kol H Burlian


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Proses pemasangan gorong-gorong cor untuk meminimalisir genangan air akibat hujan di Kol H Burlian. (foto-deni/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemasangan Box culvert atau gorong-gorong cor dipilih Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebagai salah satu upaya, mengurangi genangan air di sepanjang Jalan Kolonel H Burlian akibat hujan yang beberapa hari kemarin mengguyur Kota Palembang.

Dilokasi tersebut, Walikota Palembang, H Harnojoyo menerangkan, ada dua titik yang akan di pasang Box Culvert, yakni di depan salah satu kantor koran dan di depan salah satu tempat hiburan malam di lokasi.

Untuk itu, disampaikannya masyarakat diminta untuk bersabar karena selama pemasangan gorong-gorong cor ini sedikit menimbulan kemacetan akibat proses pengerjaan.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat dalam beberapa hari kedepan akan sedikit mengalami kemacetan di jalur tersebut karena sedang ada pengerjaan Box Culvert, pengerjaan satu titik lebih kurang memakan waktu selama 10 hari, ada dua titik yang kita kerjakan,” Kata Harnojoyo.

Baca Juga :   Imigrasi Palembang Intensifkan Pengawasan WNA

Menurutnya, dengan Box Culvert nantinya akan menjadi solusi bagi genangan air yang selama ini menjadi masalah di area tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PU PR Kota Palembang Bastari menjelaskan, Box Culvert memiliki dimensi 2×1 (double box) crossing sepanjang 20 Meter .

Untuk di ruas jalan depan Sumeks masih ada penghalang utilitas dari penggalian yang dilakukan, rata-rata kedalaman penanaman tidak sampai 1,5 Meter sehingga agak menyulitkan pemasangan box culvert,” Jelas Bastari.

Sebelumnya juga,Walikota Palembang, sempat mengatakan saat melakukan peninjauan di titik-titik banjir di Palembang.

Menurutnya, salah satu upaya mengatasi banjir di Palembang yakni dengan membangun pompanisasi sungai bendung yang saat ini progres pembangunannya sudah berjalan dan berjalan diperkirakan selesai di akhir tahun 2018.

Baca Juga :   Warga Gandus Keluhkan Jalan Rusak

“Insya Allah pembangunannya, akan selesai di akhir tahun ini. Pompanisasi sungai bendung mempunyai 6 pompa besar dengan kekuatan 1 pompa 6.000 liter perdetik, jika 6 pompa dihidupkan semua, berarati dalam satu detik bisa menyedot 36.000 liter air, sehingga bisa meminimalisir atau mengurangi banjir saat hujan turun di Kota Palembang, khususnya diwilayah yang mengarah ke Sungai Bendung,” jelasnya.

Menurutnya, wilayah Sungai Bendung seperti daerah Sekip, Polda, Seduduk Putih, dan sekitarnya yang selama ini selalu tergenang air saat hujan turun. “Kami meminta masyarakat untuk bersabar, karena saat ini pompanisasi sedang lakukan pengerjaannya. sebentar lagi akan rampung,” ujarnya. (den)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

AKP Ginanjar: Uji Coba Lawan Sriwijaya FC, Kami Akan Tetap Tampil Maksimal

Palembang, KoranSN Juara PSL (Palembang Super League) Season 1, Bhayangkara Sriwijaya FC akan melaksanakan pertandingan …