Home / Ogan Komering Ilir / BP4K OKI Kembangkan Pakan Mandiri

BP4K OKI Kembangkan Pakan Mandiri

Jpeg
Jpeg

Kayuagung,KoranSN
Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki daerah perairan yang sangat potensi untuk budidaya ikan seperti Patin, Nila, Lele, Gurame. OKI juga merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan yang cukup besar di Sumatera Selatan sehingga menjadi pemasok konsumsi ikan di provinsi ini.

Namun demikian, usaha budidaya ikan air tawar di kabupaten OKI sering terkendala masalah pakan bahkan para petani budidaya ikan dalam keramba dan sejenisnya mengalami kerugian yang disebabkan harga pakan yang cukup tinggi.

Mengatasi permasalahan tersebut, BP4K Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membuat terobosan melalui pemberian pakan mandiri kepada para pelaku usaha ikan keramba di Kecamatan Jejawi dan Sirah Pulau Padang.

Kepala BP4K OKI H Imlan Khairun kemarin menjelaskan, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pakan mandiri ini sebagian besar sudah berasal dari lokal seperti dedak, tepung jagung dan bahan lainnya yang berasal dari sekitar OKI namun pengolahannya yang dibina serta dibantu mesin pembuatan pakan dari Pusluhdaya KP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Baca Juga :   Satgas Kawal Stabilitas Harga, Pemkab Siagakan Toko Tani

“Mekanismenya tetap menggunakan kearifan lokal, namun formulasi bahan baku pakan ikan itu yang diperbaiki dan mesin-mesin pembuatan pakan ikan diperbaiki,”ungkap Imlan.

Selain itu menurut Imlan, sistem kelembagaan para petani ikan ikut diperbaiki sehingga terbentuklah koperasi para petani budidaya ikan air tawan yang ada di OKI. “Dengan mekanisme pengolahan pakan yang baik kita yakin mampu meningkatkan keuntungan pembudidaya sehingga ke depan kami akan mendorong para pembudidaya untuk lebih banyak menggunakan pakan mandiri ini,”kata Imlan.

Budidaya ikan mandiri yang telah dilakukan di Kecamatan Jejawi dan Sirah Pulau Padang. Menurut Imlan, telah berhasil meningkatkan bio massa ikan patin hingga 100 gram/ekor.

Baca Juga :   Atap Rumah Dinas Bupati Roboh, Pemkab Bentuk Timsus

“Di Jejawi kami tebar benih ikan dengan berat rata-rata 300 gram/ekor sebanyak 1000 ekor dengan bobot biomassa 300 Kg. Dari data yang didapat pertumbuhan ikan rata-rata 100 gram/ekor setelah dilakukan pemeliharaan selama 3 bulan saat sampling diperoleh bobot masa sebanyak 450 kg pakan,”ungkap Imlan.

Dari hasil percontohan ini menurut Imlan, diharapkan dapat membantu petani pembudidaya ikan yang ada di Kabupaten OKI dalam mengatasi pemasalahan pakan ikan yang harganya cukup tinggi.(iso)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Waspadai Karhutlah di OKI

Palembang, KoranSN Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat maksimal pengendalian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.