Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

BPBD DIY Ingatkan Wisatawan Waspadai Palung di Pantai Parang Tritis

Wisatawan menikmati suasana Pantai Parangtritis di Bantul, DI Yogyakarta. (foto-antaranews)

Yogyakarta, KoranSN

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan wisatawan mewaspadai keberadaan area palung atau cekungan di dasar Pantai Parangtritis, Bantul yang lokasinya ditandai dengan rambu khusus.

“Perlu disadari adanya palung dan ombak besar yang bisa datang tiba-tiba,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana di Yogyakarta, Senin.

Imbauan itu disampaikan Biwara, menyusul peristiwa tujuh wisatawan yang terseret ombak di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (8/2/2020) malam.

“Saya khawatir mereka yang pada Sabtu (8/2/2020) malam terseret ombak tidak mengetahui karakteristik pantai Parangtritis, sehingga mereka menganggap mandi di Pantai Parangtritis sama dengan mandi di pantai yang lain,” kata dia.

Padahal, menurut dia, di kawasan pantai yang populer dengan legenda Ratu Pantai Selatan Nyai Roro Kidul itu memiliki palung atau cekungan di dasar laut yang dapat mengakibatkan pusaran air.

Baca Juga :   Wonderful Indonesia Dipromosikan di Dua Kota Besar di Rusia

Mengingat adanya kerawanan itu, Biwara berharap para pelaku wisata termasuk pedagang di kawasan pantai itu meningkatkan kepedulian untuk mengingatkan para wisatawan tentang bahaya mandi di Pantai Parangtritis.

“Informasi tentang keindahan Pantai Parangtritis perlu disertai dengan informasi kerawanan terhadap keselamatan wisatawan apabila melanggar rambu-rambu yang ada, termasuk ketentuan keselamatan untuk mandi di pantai,” kata dia.

Selain itu, ia berharap informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang dinamika gelombang atau ombak pantai selatan menjadi rujukan dalam pengamanan terhadap wisatawan yang berwisata di Pantai Parangtritis.

“Rambu-rambu peringatan sudah banyak dipasang dan petugas selalu memberi peringatan melalui menara pengawas,” kata dia.

Baca Juga :   Air Terjun Tiu Pituq Lokasi Ideal Untuk Berswafoto

Sebelumnya, kecelakaan laut terjadi pada Sabtu (8/2/2020) malam, ketika rombongan wisatawan berjumlah delapan orang berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis menggunakan sepeda motor.

Tidak lama kemudian tujuh dari delapan orang bermain di pantai, namun mereka tidak menyadari berada di area palung laut hingga kemudian terseret arus ke tengah. Lima orang dapat terselamatkan, satu orang ditemukan meninggal setelah beberapa jam, dan satu orang baru ditemukan oleh Tim SAR gabungan pada Senin (10/2/2020) pagi. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Mesir Adakan Pemakaman Militer Untuk Mubarak

Mesir memakamkan mantan presiden Hosni Mubarak yang wafat pada usia 91 tahun, dengan upacara militer …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.