BPJS Kesehatan Jambi beri Relaksasi Pengaktifan Kepesertaan JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Moh Makruf SH didampingi dua Kepala Unit (Kanit) BPJS Prabumulih, Rini dan Rika, saat menggelar jumpa pers terkait pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS selama mudik lebaran nanti. (foto-antaranews)

Jambi, KoranSN

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Jambi memberikan relaksasi pengaktifan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang menunggak iuran.

“Relaksasi ini diberikan dalam rangka membantu peserta JKN-KIS di masa pandemi COVID-19 untuk mengaktifkan kartu kepesertaan JKN-KIS nya,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Riski Lestari di Jambi, Kamis.

Bagi peserta JKN-KIS yang menunggak lebih dari enam bulan dapat mengaktifkan kembali ke pesertaan JKN-KIS nya tanpa harus membayar seluruh tunggakan.

Dijelaskan Riski Lestari, biasanya peserta yang menunggak iuran harus melunasi seluruh tunggakan baru dapat mengaktifkan kembali kartu kepesertaannya.

Namun dengan adanya relaksasi tersebut, peserta yang menunggak hingga 24 bulan cukup membayar tunggakan selama enam bulan dan iuran satu bulan berjalan sudah dapat mengaktifkan kembali kartu kepesertaannya, dan sisa tunggakannya dapat dicicil oleh peserta JKN-KIS.

Baca Juga :   5 Cara Bikin Ritual Ngopi Pagi Jadi Lebih Sehat

“Bukan berarti semua tunggakan lunas seperti dapat pemutihan, namun sisa tunggakan iuran dapat dicicil,” kata Riski Lestari.

Selain itu, untuk memberi kemudahan kepada peserta JKN-KIS, bagi peserta yang terkendala keuangan untuk membayar tunggakan selama enam bulan tersebut, peserta JKN-KIS dapat melakukan pinjaman kepada Pegadaian dalam bentuk pinjaman modal.

Pinjaman modal tersebut juga dapat dilakukan untuk peserta yang ingin melunasi tunggakan JKN-KIS nya.

Di mana untuk mendukung relaksasi tunggakan tersebut BPJS Kesehatan Cabang Jambi telah bekerjasama dengan pegadaian untuk memberikan pinjaman modal kepada peserta JKN-KIS. Dan pinjaman modal tersebut dapat diberikan kepada peserta JKN-KIS sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari Pegadaian.

Baca Juga :   Lima Tips Kenakan Masker Secara Aman di Cuaca Panas

Pendaftaran relaksasi tersebut dapat dilakukan peserta JKN-KIS melalui tiga cara, yakni dapat dilakukan secara daring melalui mobile JKN dan menghubungi care center BPJS Kesehatan di nomor 1 500 400, atau langsung mendatangi Kantor BPJS Kesehatan.

“Kami harap jangan sampai menunggu sakit baru akan mengaktifkan kembali kartu kepesertaannya,” kata Riski Lestari. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Rekomendasi Tentang Tidur Anak per Malam

Jakarta, KoranSN Pada masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19, para ahli kesehatan mengingatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.