Home / Pesta Demokrasi / BPN Prabowo-Sandi Berencana Ronda Malam dan Dirikan Dapur Umum, Begini Tanggapan TKD KIK Jokowi-Amin Sumsel

BPN Prabowo-Sandi Berencana Ronda Malam dan Dirikan Dapur Umum, Begini Tanggapan TKD KIK Jokowi-Amin Sumsel

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia

Syukuran Hari Jadi Kota Palembang ke 1336 Tahun

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Ketua TKD KIK Jokowi-Amin Sumsel, Syahrial Oesman didampingi Direktur Hukum dan Advokasi Antoni Toha dan Koordinator Tim Advokasi Yohannes P Simajuntak saat diwawancarai wartawan. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Rencana Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menggelar ronda malam dan membuat dapur umum hingga tingkat desa, menjelang dan saat pencoblosan, 17 April besok, mendapat tanggapan dari Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Jokowi-Amin Sumsel. Mereka meminta hal itu tidak dilakukan karena dapat mengganggu jalannya pelaksanaan pemilu.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD KIK) Jokowi-Amin Sumsel Syahrial Oesman didampingi Direktur Hukum dan Advokasi HM Antoni Toha, Koordinator Tim Advokasi Yohannes P Simanjuntak, Selasa (16/4/2019).

“Kami mengharapkan adanya pelaksanaan pengawasan oleh penyelenggara dan pengamanan yang tersistematis dari bawah yakni menempatkan petugas di TPS-TPS se Sumsel dengan tujuan melakukan monitoring, pencegahan, dan ke level tindakan tegas lainnya,” kata Syahrial.

Menurut Syahrial, tidak menutup kemungkinan motif dan rencana ronda malam dan dapur umum patut diduga menjadi pola kendali dari Tim Paslon 02 terhadap calon pemilih dan dapat juga disebut sebagai tindakan untuk mengkondisikan keadaan yang mencekam, memberikan ketakutan dan sangat berpotensi masyarakat calon pemilih takut untukdatang ke TPS sehingga dapat dikategorikan upaya yang tersistematis meningkatkan angka golput.

Baca Juga :   Parhan Berza Kunjungi Warga Desa Padang

Mantan Gubernur Sumsel ini meminta kepada KPU Sumsel dan dapat ditindaklanjuti oleh KPU-KPU di 17 Kabupaten/Kota untuk segera membuat edaran larangan mendirikan tenda umum di sekitar minimal 500 meter dari TPS. Hal ini untuk memberikan ketenangan seluruh warga pemilih yang memiliki hak suara agar dapat melaksanakan kewajibannya untuk menyalurkan aspirasinya di TPS tanpa merasa diintimidasi oleh pihak manapun.

“Terkait dengan rencana kegiatan Tim Paslon 02 yang akan mengerahkan relawan 02 (“Emak-Emak”) yang akan mendirikan tenda umum di sekitar TPS yang berlangsung 17 April 2019 atau yang akan berlangsung pada saat pemungutan suara Pilpres, dan juga adanya rencana gerakan sholat subuh di area TPS-TPS. Maka patut dijadikan perhatian khusus oleh Pengawas TPS dalam membantu PPL guna melakukan pengawasan langsung,” ungkapnya.

Baca Juga :   Nopran Marjani: Saya Sudah Akrab dengan Warga Keturunan Tionghoa Sejak Masih Kecil

Secara rinci, Syahrial menyatakan, sikap TKD KIK Jokowi-Amin Sumsel, yakni penyelenggara KPU Provinsi Sumsel agar segera menerbitkan surat edaran kepada seluruh KPU-KPU 17 kabupaten/kota se Sumatera Selatan terkait himbauan dan larangan kepada tim dan relawan Paslon 02 untuk tidak melaksanakan kegiatan Dapur Umum di TPS-TPS.

Bawaslu Sumsel juga diminta untuk menerbitkan surat edaran kepada Bawaslu di 17 kabupaten/kota se-Sumsel serta seluruh Pengawas TPS/ PPL untuk bertindak persuasif melakukan pelarangan dan bertindak aktif untuk melaporkan dan memperoses menurut ketentuan hukum yang berlaku.

“Kepada masyarakat luas calon pemilih untuk tidak perlu merasa takut dan khawatir, sebab penyelenggara dan pengamanan di TPS memiliki kewenangan yang kuat dalam menjaga harmonisasi di masyarakat,” imbuhnya.

“Kepada pemantau pemilu yang ditetapkan KPU diharapkan bisa memberikan keterlibatan langsung dan melakukan pengawasan yang memadai sehingga turut menciptakan iklim yang kondusif selama proses pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS,” tambahnya. (awj)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPU Sumsel Mulai Rekapitulasi Suara, Targetkan 6-7 Daerah Perhari

Palembang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mulai menggelar rapat pleno penghitungan perolehan suara Pemilu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.