Home / Ekonomi / BPS Banyuasin Peringati Hari Statistik Nasional

BPS Banyuasin Peringati Hari Statistik Nasional

Peserta upacara dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2017. (foto-ist)

Banyuasin, koranSN

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyuasin memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) Tahun 2017 dengan tema “Kerja Bersama dengan Data”, Selasa 26 September 2017. Peringatan HSN kali ini ditandai dengan apel HSN d lapangan Kantor BPS Banyuasin, diikuti seluruh pegawai BPS Banyuasin.

Kepala BPS Banyuasin, Edi Subeno MSi saat membacakan sambutan Kepala BPS RI dalam apel HSN mengatakan HSN bukan hari ulang tahun BPS , melainkan hari diundangkannya Undang Undang No.7 tahun 1960 tentang Statistik, sehingga HSN bukan hanya milik insan BPS tetapi millik seluruh bangsa Indonesia.

“Semangat perayaan HSN sejatinya adalah upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik. Kita patut bersyukur Presiden Joko Widodo sangat sadar akan pentingnya Statistik dan memberikan kepercayaan yang luar biasa kepada BPS sebagai satu-satunya referensi dalam pengambilan kebijakan pembangunan, dan terpenting lagi tidak pernah sekalipun melakukan intervensi atas data yang BPS hasilkan,”kata Kepala BPS.

Baca Juga :   Makan Sepuasnya di Fave Hanya Rp 36 Ribu

Kepala BPS juga mengingatkan untuk menjaga independensi BPS, ” Kita tahu betapa sulitnya dan mahalnya mengumpulkan data, akan sangat disayangkan jika kerja keras tersebut ternodai hanya karena BPS sebagai penyedia official statistic dianggap tidak independen, oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran BPS untuk menjaga independensi BPS sampai kapanpun dibawah tekanan seberat apapun, dan menjadikan BPS sebagai lembaga yang disegani, lembaga yang tidak bisa diintervensi,”sambungnya.

Disampaikan pula bahwa data BPS bukan untuk menyenangkan kan pihak tertentu, namun data BPS harus betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodelogi yang sudah baku dan sesuai dengan standar internasional. Tugas BPS adalah mengedukasi para stakeholders untuk menyadari bahwa ketika angkanya tidak sesuai ekspektasi, maka itu adalah warning untuk segera dilakukan perbaikan.

Baca Juga :   AHM Raih 19 Penghargaan

Ditambahkan, berkaitan dengan tema “Kerja Bersama dengan Data” adalah merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama, membangun Indoneaia, dengan mengacu kepada Statistik sebagaib landasannya. Kerja Bersama ini juga sangat diperlukan dengan upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SGDs). Setiap kementrian / lembaga termasuk pemerintah daerah memiliki tanggung jawab untuk memenuhi indikator SDGs dan mengintegrasikannya dalam berbagai perencanaan program dan kebijakan di masing-masing instansi.

BPS Banyuasin dalam memeriahkan peringatan HSN kali ini dilaksanakan berbagai lomba yang diikuti pegawai BPS, seperti lomba gaplek,loma tenis meja,lomba catur dan lain lain. (ima/rel)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gojek Ajak Mitra Driver Berkompetisi di FOM

Palembang, KoranSN GOJEK mengajak ribuan mitra driver bersama dengan keluarganya untuk menyalurkan energi positif dan ...