Buka Penjaringan Cagub & Cawagub, Demokrat Wajibkan Calon Sertakan Hasil Survei

Ketua Tim Penjaringan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Muchendi Mahzareki (kemeja putih) didampingi sejumlah anggota tim penjaringan, saat menggelar konferensi pers, bertempat di ruang Fraksi Demokrat DPRD Sumsel. (foto/Anton Wijaya)

Palembang, KoranSN

DPD Partai Demokrat Sumsel secara resmi membuka penjaringan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumsel periode 2018-2023, Rabu (12/7/2017). Berbeda dengan partai lain, Demokrat mewajibkan bakal calon yang ingin mendaftar menyerahkan hasil survei masing-masing beserta video singkat berisi profil calon.

Ketua tim penjaringan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumsel Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki mengatakan, untuk syarat video profil harus sudah disertakan saat mendaftar, sementara persyaratan hasil survei bisa menyusul kemudian.

“Kami mewajibkan untuk semua calon yang mendaftar melengkapi semua syarat administrasi, salah satu syarat yang berbeda dengan partai lain, yaitu setiap calon wajib melampirkan video tentang profil singkat calon dengan durasi maksimal 5 menit,” jelas Muchendi dalam keterangan persnya, Rabu (12/7/2017).

Baca Juga :   Menteri Agama Resmi Luncurkan Al-Quran Terjemah Bahasa Palembang

“Semua bakal calon juga kita wajibkan untuk melakukan survei pada bulan Agustus dan September, dan hasilnya diserahkan ke DPD Partai Demokrat untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke DPP untuk ditindaklanjuti,” tambah mantan Anggota DPRD Sumsel ini.

Untuk survei ini tambah Muchendi, ada 14 lembaga survei yang direkomendasikan oleh DPP. Diantaranya, LSI, SMRC, Indikator, Lingkaran Survei Indonesia, JSI, Indo Barometer, Charlta Politika, Mata Rakyat, CSIS dan Kawal Pilkada.

“Bakal calon yang mendaftar hanya memilih salahsatu dari ke 14 lembaga survei itu. Diluar lembaga survei tersebut, tidak kita proses,” tegas Muchendi.

Ia mengatakan, pihaknya membuka penjaringan mulai tanggal 17 Juli hingga 21 Juli. Sedangkan untuk pengembalian berkas, mulai tanggal 23 Juli hingga 31 Juli.

Baca Juga :   DPRD Sumsel Setujui Dua BOT dengan Puluhan Syarat

“Ada waktu satu minggu untuk pendaftaran dan pengembalian. Waktu satu minggu ini kami anggap sudah cukup panjang,” kata Muchendi.

Setelah semua persyaratan lengkap kata Muchendi, semua berkas bakal calon yang mendaftar akan diserahkan ke DPP Partai Demokrat untuk diverifikasi.

“DPP akan melakukan verifikasi terhadap semua calon mulai bulan September hingga Januari 2018. Selanjutnya, kemungkinan di bulan Januari, Demokrat sudah mengumumkan pasangan calon yang akan diusung,” ungkap Muchendi. (awj)

 

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

“Jalan Mulus ” Herman Deru Jadi Tema Favorit Peserta Lomba Video Feature Pemprov Sumsel

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengungkapkan dirinya kaget bercampur haru karena tak menyangka ternyata …