Selasa , September 25 2018
Home / Gema Sriwijaya / Lahat / Bukit Jempol Lahat Bukit Terunik di Dunia

Bukit Jempol Lahat Bukit Terunik di Dunia

Gajah salah satu hewan fauna yang ada di Hutan Suaka Alam (HSA) Pusat Latihan Gajah (PLG) Bukit Serelo Lahat.

Sangat terasa perbedaan suasana dan suhu udara sebelum dan sesudah adanya pertambangan. Perbedaan yang sangat jelas adalah kurangnya tanaman dan panasnya udara. Inilah dampak negative dari sebuah pertambangan.

Sesampai di kaki Bukit Jempol atau Bukit Telunjuk atau Bukit Serelo kita akan memasuki gerbang bercat hijau dengan tulisan Selamat Datang di HSA PLG Bukit Serelo Lahat. Setelah melewati pintu gerbang, ada sebuah rumah atau kantor penjaga wilayah ini dan siapapun yang masuk wilayah ini harus lapor. HSA adalah singkatan dari Hutan Suaka Alam dan PLG merupakan singkatan dari Pusat Latihan Gajah.

Jadi wilayah ini merupakan Hutan Suaka Alam untuk perlindungan terhadap fauna dan flora yang ada di wilayah ini termasuk gajah Sumatera.

Di HSA PLG Bukit Serelo Lahat terdapat beberapa fauna selain gajah seperti; monyet ekor panjang, beruang madu, kancil, kijang, babi, rusa, dan ayam hutan.

Saat ini di Indonesia hanya ada 7 PLG dan semuanya berada di pulau Sumatera yaitu; di PLG Lhokseumawe – Aceh, PLG Sumatera Utara, PLG Minas Kab.Siak – Riau, PLG Seblat Kabupaten Bengkulu Utara – Bengkulu, PLG Padang Sugihan Kab.Banyuasin, Sumatera Selatan, PLG Bukit Serelo Lahat – Sumatera Selatan dan PLG Way Kambas – Lampung.

Baca Juga :   Diduga Ada Money Politik di Pilkada Lahat

PLG Bukit Serelo pada awalnya berstatus Areal Penggunaan Lain (APL) seluas ± 100 ha dan berhimpitan dengan hutan lindung seluas ± 100 ha. Pada tahun 1992, berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor. SK. 953/Kpts-II/1992 tanggal 3 Oktober 1992 sebagian kawasan hutan yang termasuk dalam APL ditunjuk sebagai kawasan hutan dan menggabungkan dengan hutan lindung.

Tahun 1993/1994 dilakukan tata batas definitif dengan luas menjadi 210 ha. Kemudian pada tahun 2001, sesuai SK Menteri Kehutanan Nomor SK. 76/Kpts-II/2001 tanggal 15 Maret 2001 Pusat Latihan Gajah ditunjuk menjadi Taman Wisata Alam dengan luas 210 ha. Pada tahun 2009 terbit SK Menteri Kehutanan Nomor. SK 739/Menhut-II/2009 tanggal 19 Oktober 2009 menetapkan kawasan tersebut sebagai Hutan Suaka Alam Pusat Latihan Gajah Kelompok Hutan Isau-Isau.

Hingga saat ini kawasan ini sebagai habitat gajah dan mempunyai potensi ekowisata yang menarik untuk dikembangkan serta didukung dengan panorama alam yang menarik di bawah Bukit Jempol/Telunjuk sebagai ikon wisata Kabupaten Lahat.

Di masa liburan sekolah sangat banyak orang yang datang ke Bukit Serelo untuk mendaki hingga puncak bukit yang sangat unik ini. Akan tetapi, sekarang banyak anak muda yang menikmati keindahan Bukit Jempol dari atas Bukit Besak yang berada di sebelah Barat Bukit Jempol.

Baca Juga :   Buron 4 Tahun, Residivis Begal Sadis Diringkus di Banyuasin

Dari Bukit Besak dapat menikmati suasana indahnya mentari di ufuk Timur yang seolah muncul di balik bukit. Di kala cuaca indah para pendaki dapat menikmati sinar mentari tetapi di kala mendung maka awan menyelimuti seluruh badan bukit akan tetapi kadang kala adanya awan putih ini akan memperindah suasana pagi ketika puncak Bukit Jempol terbebas dari awan sedang bagian bawahnya diselimuti awan. Pemandangan ini sangat menakjubkan.

Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Jempol dari Bukit Besak pendaki menuju ke Desa Tanjung Beringin Kecamatan Merapi Selatan lalu melanjutkan berjalan kaki menuju ke atas bukit. Kondisi jalan masuk sangat alami, dan kalau saja dapat di bangun jalan kendaraan roda empat mendekati kaki bukit lalu di bangun tangga menuju Bukit Besak maka tidak mustahil kawasan ini akan menjadi destinasi wisata yang sangat menjanjikan.

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Callista Hotel Lahat Memanjakan Tamu dengan Berbagai Fasilitas

Lahat, KoranSN Callista Hotel, salah satu hotel terbaik yang ada di Bumi Seganti Setungguan Kabupaten ...

error: Content is protected !!