Bulan Depan Stasiun LRT Zona Jakabaring Siap Diuji Coba

Pengerjaan Stasiun LRT Zona Jakabaring yang hampir mencapai 100 persen. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Progres pengerjaan beberapa Stasiun Light Rail Transit (LRT) zona 5 yang menjadi pusat penyelenggaraan Asian Games yakni di kawasan Jakabaring terbilang paling cepat dibandingkan zona lainnya. Pasalnya, saat ini hampir keseluruhan pembangunannya selesai. Dari itu bulan Februari 2018 nanti Stasiun Zona Jakabaring siap dilakukan uji coba.

Pimpinan Proyek Waskita Karya Zona 5, Erwin Martoras, Minggu (14/1/2018) mengatakan, untuk pengerjaan empat stasiun di zona 5 kini sudah mencapai 95 persen. Bahkan saat ini pihaknya sedang fokus menyelesaikan pemasangan fasilitas berupa akses eskalator dan lift, baik di dalam stasiun maupun di luar stasiun.

“Untuk eskalator dalam stasiun sudah ada dua dan sudah terinstal sejak sebelum tahun 2018 kemarin, sekarang masuk dalam proses finishing serta pemasangan kaca handrail. Insya Allah, bulan depan kita optimis bisa dilakukan uji coba di wilayah zona 5 ini,” ungkap Erwin.

Baca Juga :   BPJS Sediakan Aplikasi Informasi Kamar Rumah Sakit

Ia menjelaskan, disetiap stasiun zona 5 kawasan Jakabaring akan dilengkapi beberapa fasiltas akses yang dapat menjadi pilihan bagi penumpang, seperti di lantai satu akan dijadikan tempat pembelian tiket dan untuk naik ke lantai dua juga disediakan elevator (lift) atau tangga.

Sedangkan untuk menuju ke lantai dua yakni kawasan peron, lanjutnya, penumpang juga disediakan tiga pilihan akses menuju ke atas, yakni tangga lift serta eskalator.

“Pemasangan eskalator di dalam stasiun sudah dalam tahap penyelesaian dan lift juga sudah dipasang baik di luar stasiun maupun di dalam stasiun. Kemudian kita juga masuk tahap finishing untuk pemasangan slab track atau rel LRT yang sudah hampir 100 persen, hanya sisa pemasangan di kawasan Bundaran Jakabaring saja,” jelasnya.

Baca Juga :   Danrem 044/Gapo Berikan Jam Komandan

Lebih jauh dikatakannya, untuk pengerjaan secara keseluruhan, pihaknya tidak menemui kendala yang berarti selama proses pengerjaan baik di dalam stasiun maupun pengerjaan slab track dan rel.

“Sejauh ini kendala tidak ada, semua berjalan sesuai jadwal. Apalagi untuk pemasangan ini dilakukan oleh pekerja dalam negeri dan dari China, tapi komposisinya jauh lebih banyak menggunakan tenaga pekerja Indonesia. Kita harapkan pengerjaan seluruh jalur LRT ini dapat selesai tepat waktu,” pungkasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Diresmikan MenPAN-RB, Palembang Miliki Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo hadir …