Home / Ekonomi / BUMN Ajarkan Siswa Kenal Nusantara

BUMN Ajarkan Siswa Kenal Nusantara

11873199_10204696096987666_15140450_o

Palembang, SN
Sebanyak 30 BUMN yang ada di Sumsel peduli dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-70 tahun. Kepedulian BUMN terhadap kemerdekaan dibuktikan dengan berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat di Sumsel dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Dengan mengambil tema “BUMN Hadir untuk Negeri, di perayaan HUT RI-70, BUMN mengadakan tujuh kegiatan secara bersamaan di 34 provinsi termasuk Sumsel salah satunya program Siswa Mengenal Nusantara. Hal tersebut dikatakan Deputi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro usai upacara Peringatan HUT RI ke-70 tahun di lapangan golf PT Pusri Palembang, Senin (17/8).

“Kegiatan tersebut yang kita gelar sebagai wujud terima kasih BUMN kepada negara. Karena kehadiran BUMN tidak terlepas dari sejarah bangsa,”tegas pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), TBK ini.

Sementara itu Koordinator Kegiatan HUT ke-70 RI di Sumsel, Adityawarman menjelaskan, ada 7 kegiatan yang wajib dilakukan BUMN saat perayaan HUT ke-70 kemerdekaan yaitu program Siswa Mengenal Nusantara guna membangun capacity building melalu generasi penerus bangsa. Dalam kegiatan ini diselenggarakan pertukaran pelajar SMU seluruh Nusantara dari 34 provinsi sehingga mereka mengenal kekayaan budaya Nusantara. Kemudian kegiatan jalan sehat sepanjang 8 KM yang sudah digelar pada 15 Agustus dengan mengambil lokasi start dan finish di halaman kantor DPRD Sumsel melibatkan sekitarĀ  3 ribu peserta dengan panitia dari PT Angkasa Pura II cabang Palembang bekerjasama dengan Dispora Sumsel. Kemudian pada 15 Agustus juga digelar pengobatan gratis, pemeriksaan penyakit tidak menular serta donor darah diikuti 500 masyarakat dengan panitia PT Indofarma (Persero) Tbk. Kegiatan pada 16 Agustus BUMN bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemkot Palembang menyelenggarakan Lomba Ketek Hias, untuk setiap peserta lomba mendapatkan bantuan satu karung beras serta tambahan hadiah dana sebesar Rp 120 juta dari PT Jasa Marga. Pada puncak perayaan HUT RI ke-70 tahun dilaksanakan upacara diikuti seluruh perwakilan BUMN yang ada di Sumsel dengan panitia PT Pusri Palembang.

Baca Juga :   Festival Pesona Lokal Gali Potensi Wisata

Usai upacara dijelaskannya, diserahkan bantuan penambahan fasilitas laboratorium kepada 17 SMK dengan masing-masing dana sebesar Rp 25 juta. Bantuan bedah rumah veteran diberikan kepada 45 veteran masing-masing mendapatkan dana sebesar Rp 40 juta/rumah, bantuan tersebut sebagai apresiasi dan penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan.

Sementara Direktur PT Pusri Palembang, Ir Musthofa menambahkan, usai upacara dilakukan juga penjualan sembako murah olehPT Pusri Palembang senilai Rp 100 ribu/paket dijual dengan harga Rp 30 ribu/paket. Hasil penjualan tersebut disumbangkan ke beberapa rumah ibadah di wilayah Sumsel. Digelar juga acara BUMN mengajar, dalam kegiatan tersebut direksi BUMN akan diminta membagikan ilmu kepada para pelajar di seluruh Indonesia. “Program ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan kecintaan masyarakat terhadap BUMN serta menumbuhkan jiwa enterpreneur pada generasi muda,”pungkasnya. (ima)

Baca Juga :   Astra Motor Sumsel Gelar Technical Skill Contest

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Dul Muluk “Kembalinya Siti Rafeah” Pukau Penonton

Palembang, KoranSN Geliat kesenian teater tradisi Dulmuluk semakin digemari mahasiswa, khususnya mahasiswa asing dari luar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.