Bupati Banyuasin Askolani Minta Kades Bangun 5-10 Rumah dari Dana Desa

Bupati Banyuasin, H Askolani saat memberikan bantuan kepada keluarga Solehan. (Foto-Humas Pemkab Banyuasin)

SEBAGAI bentuk perhatian kepada masyarakat yang kurang mampu, Bupati Banyuasin H Askolani mengingatkan kembali para Kepala Desa (Kades) dalam wilayah Kabupaten Banyuasin untuk membangun rumah tidak layak huni milik masyarakat kurang mampu di desa mereka masing-masing.

Dengan menggunakan dana desa, orang nomor satu di Banyuasin ini meminta Kades di setiap desa membangun 5-10 rumah tidak layak huni setiap tahunnya.

“Jujur saja, miris melihat banyak rumah warga yang tidak layak huni sampai roboh, maka saya sudah instruksikan. Agar Kades membuat program beda rumah di desa masing-masing dari dana desa, minimal 5 -10 rumah setiap tahun,” kata Bupati Askolani di selah mengunjungi Desa Sembawa, Minggu (10/5/2020).

“Kalau setiap desa minimal lima rumah saja, maka kalau dikalikan 288 desa. Artinya, ada 1.440 unit rumah yang bisa dibangun dengan dana desa. Belum ditambah program beda rumah dari APBD Banyuasin, dari APBN dan aspirasi DPR RI,” terangnya.

Baca Juga :   Gratis, 750 Penumpang Bus Trans Musi Dapat BSB Cash

Selain infrastruktur jalan, terang Bupati, rumah tidak layak huni itu banyak sekali maka harus menjadi perhatian serius.

“Pemerintah harus memikirkan ini, maka Pemkab Banyuasin dengan sangat tegas minta Kades untuk membiayai bedah rumah di desa masing-masing dan ini menjadi skala prioritas, ya dibanding membangun jalan ke kuburan rasanya lebih penting membangun rumah tidak layak huni,” tegasnya.

Seperti diketahui, Minggu (10/5/2020) Bupati H Askolani menyambangi Desa Lalang Sembawa Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin. Orang nomor satu di Banyuasin ini didampingi putra sulungnya Syarif Hidayatullah Askolani putra mendatangi keluarga Solehan, warga yang rumahnya roboh akibat hujan dan angin kencang, Sabtu malam (9/5/2020).

Kehadiran Bupati Askolani, salah satu bukti hadirnya pemimpin ketika warganya tengah dalam kesusahan. Kehadiran Bupati, selain menyampaikan bantuan secara pribadi sebesar Rp 20 juta, juga untuk memberi semangat keluarga Solehan yang tengah mendapat musibah.

Pada kesempatan itu, Bupati H Askolani mengajak masyarakat untuk bergotong royong membantu membangun kembali rumah milik keluarga Solehan tersebut.

Baca Juga :   GTPP Covid-19 OKI Perketat Protokol Kesehatan dan Kuatkan Jaring Pengaman Sosial

Dikatakan Bupati, jika rumah tersebut pada dasarkan sudah masuk dalam daftar rumah tidak layak huni yang akan dibangun Pemkab Banyuasin, namun karena sudah roboh maka harus ada tindakan cepat, salah satunya dengan cara gotong royong.

“Ini saya bantu Rp 20 juta, nanti kita minta tambahan dari Baznas dan juga gotong royong dari masyarakat lainnya. Yakinlah kalau gotong royong semuanya jadi ringan, “katanya didampingi Kadinsos Alamsyah, Kepala BPBD Kesbangpol Alpian, Camat Sembawa, Hj Nurlaila dan Kades Lalang Sembawa Alamsyah SAg.

Sementara Solehan menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Bupati Bupati H Askolani. Dia sangat bersyukur disaat mendapat musibah seperti ini banyak pihak yang membantu keluarganya.

“Terima kasih banyak Pak,” katanya dengan mata berkaca-kaca. (adv/sir)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Wako Prabumulih Tinjau Langsung Rekayasa Lalu Lintas di Pos Perbatasan Jelang PSBB

PEMERINTAH Kota Prabumulih mensosialisasikan rekayasa lalu lintas pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), di sejumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.