Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Bupati Banyuasin: Kami Memang Membutuhkan Kodim

Bupati Banyuasin: Kami Memang Membutuhkan Kodim

Banyuasin, KoranSN

Ir SA Supriono. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Bupati Banyuasin SA Supriono mengakui, Kabupaten Banyuasin sangat membutuhkan keberadaan Kodim. Selain ancaman yang cukup besar, keberadaan Kodim diharapkan mampu membagi kewilayahan di tubuh TNI.

“Secara kewilayahan kami memang membutuhkan Kodim, karena memang pada hakekatnya ancaman di Banyuasin sangat besar, antara bentang sungai dan laut kita yang cukup luas dan berseberangan dengan Laut China Selatan, melalui jalur ini bisa membuka akses ke Vietnam, Singapura, Malaysia, Brunei dan negara tetangga lainnya,” ungkap Supriono saat menghadiri peresmian markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0430/Banyuasin, Senin (9/4/2018).

Dikatakannya, jika tidak dijaga, daerah perairan bisa dijadikan daerah lintasan penyelundupan, baik itu narkoba, senjata dan lainnya, termasuk juga penjarahan ikan di daerah perairan oleh negara lain.

Apalagi, setelah dibukanya Tanjung Api-Api mendatang, bisa dipastikan tingkat kesibukan akan lebih padat lagi, terutama transportasi laut. Nantinya di Tanjung Api-Api akan banyak industri berskala nasional mulai dari PT Pusri, Batubara, Pertamina Perkebunan dan lain-lain.

“Ini merupakan aset negara yang perlu dijaga, karena dibutuhkan alat negara yang mampu memantau wilayah dan penjaga integritas bangsa, dalam hal ini adalah TNI. Karenanya saya menganggap sangat tepat Banyuasin ini memiliki Kodim,” ujarnya.

Mengenai lahan Kodim kata Supriono, adalah hibah dari Pemkab Banyuasin. Pemkab Banyuasin telah membeli lahan ini dan dihibahkan untuk Kodim.

“Selamat atas diresmikannya Kodim 0430/Banyuasin,” kata Supriono.

Dengan diresmikannya Kodim 0430/Banyuasin ini, artinya Kominda hampir lengkap tinggal Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama saja yang belum. “Kodim sudah, tinggal Pengadilan Negeri, dan Agama,” katanya.

“Banyuasin penyangga Kota Palembang dan termasuk semua sisi kehidupan sehingga dipastikan akan ada migrasi orang dan asap. Terutama asap harus kita cegah agar pelaksanaan Asian Games 2018 bisa berjalan lancar tanpa kendala,” katanya.

Untuk itu, Camat, Babinsa dan Babinkamtibmas terus berkoordinasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan hutan. “Banyuasin harus zero asap, dan ini menjadi tanggungjawab kita semua, tanggungjawab pemerintah, TNI Polri dan juga seluruh komponen masyarakat,” tandasnya. (sir)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Event JAPAN II Tunjukkan PALI Aman dari Aksi Kriminalitas

PALI, KoranSN Event Jelajah Alam PALI Adventure Anti Narkoba (JAPAN) II yang digelar dalam rangka ...

error: Content is protected !!