Bupati dan Dandim 0404 Muara Enim Bagikan Hadiah Berburu Babi dan Tikus

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar didampingi Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin menyerahkan hadiah pemenang berburu hama babi dan tikus di Makodim 0404 Muara Enim. (foto/Yudi Pranata)
Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar didampingi Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin menyerahkan hadiah pemenang berburu hama babi dan tikus di Makodim 0404 Muara Enim. (foto/Yudi Pranata)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Jamaludin, Sabtu (20/2/2016) sekitar pukul 14.30 wib, membagikan hadiah bagi pemenang lomba berburu hama babi dan tikus, bertempat di halaman Markas Kodim 0404 Muara Enim. Berburu hama babi dan tikus, untuk membantu para petani memberantas hama khsusunya babi dan tikus, serta mensekseskan program swasembada pangan di Kabupaten Muara Enim.

Dalam perburuan hama babi dan tikus yang digelas pada, 18-20 Februari 2016, dibasmi musuh petani yakni 86 ekor babi dan 125 ekor tikus. Para pemenangnya, juara 1 diraih Koramil 0404-05 Tanjung Enim, dari kelompok Tani Genting Kecamatan Tanjung Agung, memperoleh 9 ekor berat 519 kilogram. Kelompok ini juga meraih juara pertama babi terberat yakni mencapai 90 kilogram.

Juara 2 diraih Koramil 0404-01 Gelumbang, dari Kelompok Harapan Jaya ds Bunut Kecamatan Belido Darat peroleh 9 ekor, berat 349 kilogram. Juara 3 diraih Koramil 0404-08 Lubai, dari Kelompok Rambang, sebanyak 8 ekor, berat 520 kilogram. Serta juara harapan 1 Koramil 0404-01 Gelumbang, kelompok usaha tani kecamatan Sungai Rotan, jumlah 8 ekor dengan berat 408 kilogram.

Sedangkan pemenang lomba berburu tikus diantaranya, juara 1 Koramil 0404-05 dari Kelompok Genting Tanjung Agung dengan perolehan 59 ekor. Juara 2 Koramil 0404-05, Sdr M Ristan dari Desa Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Agung memperoleh 27 ekor. Juara 3 dari Koramil 0404-03 Pali Kelompok Talang Ubi memperoleh 17 tikus, dan juara harapan 1 dari Koramil 0404-07 Muara Enim kelompok Jamban Panjang Desa Muara Lawai dengan memperoleh 13 ekor.

Baca Juga :   Monitoring Evaluasi PUG

Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Infantri Jamaludin menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Muara Enim dan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan lomba berburu hama babi dan tikus ini. Kegiatan perburuan ini untuk membantu para petani yang mengeluh kalau sawah yang digarapnya kerapa diganggu hama babi dan tikus.

Kalau dibiarkan kata Jamaludin, hasil pertanian para petani akan menurun akibat dimakan hama, oleh sebab itu, melalui perbuaruan hama babi dan tikus ini diharapkan mampu mewujudkan swasembada pangan. Apalagi sekarang ini, harga karet murah, dengan menggalakan penanaman padi, jagung dan kedelai diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap, kegiatan berburu tikus dan babi ini terus berkelanjutan. Dilakukan oleh kelompok tani, dan warga untuk meningkatkan hasil produksi pertanian,” ungkap Jamaludin.

Jamaludin mengatakan kegiatan pemburuan babi dan tikus ini melibatkan prajurit TNI bersama masyarakat umum yang tergabung dalam forum dan organisasi. Lanjut dia, tahun 2016 ini Kodim 0404 mempunyai tugas untuk memperluas lahan sawah di Kabupaten PALI sekitar 2200 hektar. Perluasan lahan tersebut diharapkan, para petani dapat meningkatkan produktivitas hasil pertaniannya.

Masih dikatakan Jamaludin, kegiatan non program kedepan adalah, melakukan bedah rumah bagi warga yang tidak mampu. Diharapkan, program tersebut dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bahkan, bedah rumah ini akan dilakukan sebulan sekali. Dimana, dia telah menghimbau kepada jajarannya untuk menyisihkan rejekinya untuk infag dan bersadaqoh demi terwujudnya program tersebut.

Baca Juga :   Pentingnya Pengelolaan Air Limbah Domestik

Tak hanya itu saja, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kajari, Polres, dan Dinsos untuk membina anak-anak jalanan dan premanisme atau premanan jalanan, nantinya mereka akan dibina dan dibekali bela negara, serta siraman rohani.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, memberikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0404 Muara Enim, telah membantu pemkab Muara Enim dalam rangka mewujudkan swasembada pangan dengan menggelar lomba berburu babi dan tikus. Kegiatan seperti ini akan terus dilanjutkan.

Muzakir, menjanjikan, bahwa lomba berburu babi dan tikus ini akan digelar kembali dalam rangka HUT Pemkab Muara Enim tahun ini. Sehingga kegiatan ini bisa berlanjut dan lebih semarak lagi. Nanti bisa dilombakan per koramil, nanti hadiahnya motor.

Terkait bedah rumah yang dilakukan Kodim 0404/Muara Enim, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang, Ir H Muzakir Sai Sohar mendukung program tersebut, Jika Kodim 0404 Muara Enim melakukan rehab atau bedah rumah 1 unit rumah per bulan, maka Muzakir akan menambahnya 1 unit bedah rumah lagi perbulan.

“Kalau tahun 2016 ini 1 unit dari Kodim 0404 ditambah 1 unit dari Pemkab Muara Enim jadi rumah yang direhab sebanyak 24 unit rumah,” pungkas Muzakir.. (yud)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Pelaku Usaha Diminta Koordinasi Izin

Muara Enim, KoranSN Sebanyak 25 peserta terdiri dari pelaku usaha dan Badan Usaha Milik Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.