Bupati Kukuhkan Lembaga Adat, Dekesda dan Ikatan Bujang Ngen Gades Muratara



Bupati Muratara HM.Syarif Hidayat saat mengukuhkan lembaga adat, Dewan kesenian dan ikatan Bujang ngen Gades Muratara.(foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) HM.Syarif Hidayat Kukuhkan lembaga Adat, Dewan Kesenian Daerah (Dekesda) dan Ikatan Bujang ngen Gadis Kabupaten Muratara.

Pengukuhan berlangsung di Rumah Kediaman Bupati Muratara di Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya dihadiri oleh Sekda Muratara, Dandim 0406 MLM, Kapolres Muratara, Ketua Dewan Pendidikan Muratara, Kepala OPD, serta sejumlah tamu undangan lainnya, Senin (25/11/2019).

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengatakan sejalan dengan semangat Undang undang no 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan bahwa kebudayaan yang ada di Muratara dengan upaya kemajuan ditengah kemajuan nasional, regional dan global merupakan potensi dan investasi untuk membangun peradaban dan masa depan yang ada di Muratara ini.

“Setidaknya ada 10 aspek kebudayaan yang kita miliki dan perlu kita kejar kemajuannnya yaitu tradisi lisan, maniscrib, adat istiadat, situs, pengetehuan dan operasional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan tradisional dan olahraga tradisional,” katanya.

Menurutnya, alasan mengembangkan nilai-nilai luhur dan nilai-nilai kebudayaan dan tradisi karena semata mata untuk memperteguh kesatuan dan persatuan bangsa, dengan demikian kehadiran lembaga adat, dewan kesenian dan ikatan Bujang ngen Gades Muratara ini sebagai bagian dari upaya kemajuan kebudayaan itu.

Baca Juga :   PA Kelas 1B Kayuagung Dapat Akreditasi Jaminan Mutu

Kemudian lanjut orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan dalam aspek kebudayaan dan pariwisata tidak bisa dipisahkan dan Muratara patut bersyukur karna Kabupaten Muratara yang tercintai ini memiliki potensi besar alam dalam bidang pariwisata, hal ini terbukti dengan bertambahnya dukungan wisatawan khususnya objek objek wisata Danau Rayo, Bukit Layang, Goa Napalicin, Air Terjun Ulu Tiku, Air Terjun Palalau, Air Terjun Telun Tujuh, Arung Jeram Pulau Kidak, Kebun Kelengkeng, Kebun Jeruk dan banyak lagi yang lainnya.

“Dengan potensi yang kita miliki ini sudah sepatutnya kita bersama sama mengembangkan pariwisata Kabupaten kita yang tercinta ini, jangan sampai potensi pariwisata menjadi sia sia karna kita hanya diam dan menunggu. Semua pihak harus bersama sama saling mendukung dan bergerak dan bersinergi yang baik sebagai upaya harus kita lakukan dalam mengembangkan pariwisata Kabupaten Muratara yang kita cintai ini, baik melalui studi banding, menyelenggarakan pestival maupun melalui pengembangan SDM pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga :   Menhub Kunjungi Lahat

Selanjutnya kata Syarif Hidayat, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Muratara ucapkan selamat atas pengukuhan pengurus lembaga adat, Dewan kesenian dan ikatan Bujang ngen Gades Muratara semoga saudara saudara mampu menjalankan amanah untuk berbakti demi kemajuan negeri Beselang Serundingan.

“Kami berharap kepada semua pengurus lembaga adat, dewan kesenian dan ikatan Bujang ngen Gades Muratara yang telah dikukuhkan mampu bekerja sesuai dengan program yang telah disusun dengan penuh tanggung jawab serta sebagai suri tauladan bagi masyarakat tentang adat dan budaya di Bumi Beselang Serundingan ini,” harapnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Permainan Edukatif Latih Kemampuan Berpikir Anak

Lahat, KoranSN TP PKK Lahat bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, mengelar keterampilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.