Home / Dari Desa ke Desa / Bupati Muara Enim Buka Sosialisasi Orientasi Generasi Emas Melalui 1000 HPK Tingkat Desa

Bupati Muara Enim Buka Sosialisasi Orientasi Generasi Emas Melalui 1000 HPK Tingkat Desa


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Bupati Muara Enim ketika menghadiri acara kegaitan Sosialisasi Orientasi Generasi Emas Tingkat Desa. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM buka Sosialisasi Orientasi Generasi Emas melalui 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) Tingkat Desa Kabupaten Muara Enim Tahun 2019 dan Sosialisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) Tingkat BBWS yang digelar di Aula Kantor Kades Desa Karang Raja, kemarin.

Bupati Muara Enim menyampaikan apresiasi kepada Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Selatan dan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Serta semua pihak yang terlibat atas inisiatif menyelenggarakan dua kegiatan terebut guna menggalang kebersamaan berbagai pihak dalam upaya percepatan perbaikan gizi demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang dicita-citakan.

Baca Juga :   Mawardi Pastikan Pekan Depan Jalan Putus Desa Lubuk Keliat Bisa Dilalui

Menurut Bupati Muara Enim, adapun beberapa komitmen pemerintah dalam upaya perbaikan gizi masyarakat yakni, gerakan nasional percepatan perbaikn gizi, gerakan ini merupakan peningkatan efektivitas dari berbagai inisiatif dan program yang sudah ada melalui dukungan dari kepemimpinan nasional, penetapan prioritas dan harmonisasi program.

“Kita semua perlu mengetahui dan menjadi bagian utama dalam gerakan nasional ini serta memberdayakan masyarakat untuk dapat meningkatkan ketersedian, keterjangkauan dan pengolahan pangan serta pola konsumsi pangan yang baik dan benar terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),”ujarnya

Dikatakannya, kedaulatan pangan nasional yang merupakan perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalm program nawa cita ke tujuh yakni, peningkatan produktivitas tanaman pangan salah satunya melalui upaya pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Program tersebut jelas Bupati, merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

Baca Juga :   SP Padang Sumbang Rp 1 Milyar untuk PAD OKI

Kemudian, pemenuhan akses pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan atau universal akses bagi masyarakat berpenghasilan rendah serta meningkatkan nilai dan prilaku hidup bersih dan sehat melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Hal tersebut juga sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mencapai target Subtainable Development Goal (SDGs) yakni meningkatkan ketahanan air secara berkesinambungan kepada separuh dari penduduk yang belum mendapatkan akses air bersih.

Bupati mengajak untuk bersama membangun gizi menuju masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sehat dan berprestasi. Penanganan masalah gizi tidak bisa hanya oleh Pemerintah saja, namun penting keterlibatan dan dukungan dari pemangku kepentingan lain seperti, mitra pembangunan, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Bupati H Askolani Perhatikan Pembangunan, Pelayanan Publik dan Kesehatan Warga Pulau Rimau Banyuasin

BUPATI Banyuasin H Askolani melakukan Safari Ramadan 1440 H dan terawih keliling di Desa Tirta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.