Home / Advetorial / Bupati Muara Enim Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan

Bupati Muara Enim Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan

 

BUPATI Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dan Wakil Bupati H Juarsah SH melakukan Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan di Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim, Rabu (10/7/2019

Bupati dan Wabup Muara Enim saat Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan. (foto-yudi/koransn)

BUPATI Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM dan Wakil Bupati H Juarsah SH melakukan Panen Raya Padi Sawah Tadah Hujan IP 200 Gapoktan Sumber Harapan di Desa Tanjung Jati Kecamatan Muara Enim, Rabu (10/7/2019) sekitar pukul 10.30 WIB.

Hadir juga, Ketua TP PKK Muara Enim Hj Ir Sumarni AY MSi dan Ketua GOW Kabupaten Muara Enim Dra Nurhilyah Juarsah, Perwakilan Rindam II Srwijaya Letkol Inf Imam Syafei, Perwakilan Kodim 0404/Muara Enim Mayor Inf Surobin, Polres Muara Enim, Yonif 141.AYJP, Kadin Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan, Kadin Pertanian Teguh Sumitro, Kadishub Muara Enim Riswandar SH, Ketua KTNA Muara Eni, Camat Muara Enim Asarli dan Kades Tanjung, Ketua Karang Taruna Muara Enim.

“Saya bangga dengan masyarakat Desa Tanjung Jati dan sekitarnya terutama gabungan kelompok tani Sumber Harapan yang sudah berperan aktif menjadi motivator dan pro aktif dalam memajukan pertanian. Terbukti, saat ini kita melakukan panen bersama padi sawah tadah hujan IP 200,” ungkap Bupati Muara Enim.

Baca Juga :   Warga Lahat Punya Potensi Menciptakan Wisata Mandiri Bernilai Ekonomi

Kepada para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani Sumber Harapan Desa Tanjung Jati kata Bupati Muara Enim telah berhasil meningkatkan Indkes Pertanaman dari 100 menjad0 200 dengan baik, seluas 150 hektar, yang diikuti oleh Desa Lubuk Empelas seluar 65,25 hektar dan Desa Muara Lawai seluas 100 hektar dengan jumlah luas 325,25 hektar dari jumlah luas hamparan sawah Lecah Paye seluas 650 hektar.

Masih dikatakan Bupati Muara Enim, Pada Tahun 2018 Produksi Padi Kabupaten Muara Enim sebesar 173.900,07 Ton gabah kering panen dengan luas panen sebesar 38,406 hektar dan produktivitas padi sebesar 46,28 kwintal/hektar.

Diharapkan Bupati, pada Tahun 2019 target produksi padi Kabupaten Muara Enim sebesar 186.061 Ton gabah kering panen dengan sasaran luas 39.577 hektar dan produktivitas rata-rata 47,01 kwintal/hektar. Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh padi untuk meningkatkan luas panen dan produktivitas padi di Tahun 2019 ini, sehingga diharapkan target produksi padi Kabupaten Muara Enim akan dapat dicapai.

Baca Juga :   Siswa SMA Arinda Antusias Ikuti Honda Fest

Menurut Bupati Muara Enim, upaya yang dilakukan untuk peningkatan produksi dan luas panen diantaranya melalui, Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dari semula 100 menjadi 200, intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, penggunaan benih padi unggul Inbrida seluas 4000 hektar, penggunaan pupuk dan herbisida seluas 2000 hektar.

Diterangkan Bupati Muara Enim, semua program pembangunan pertanian tersebut adalah upaya peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani Kabupaten Muara Enim. Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Bupati Muara Enim untuk rakyat ‘ Merakyat’ Agamis yang berdaya saing, mandiri sehat dan sejahtera, sehingga terwujud Muara Enim Lumbung Pangan.

Diakui Bupati Muara Enim, Keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Muara Enim tidak terlepas dari kerjasama lintas sektoral dan stekholder diantaranya Perangkat Daerah, Pihak Pertanian, Dunia Usaha serta TNI yang tergabung dalam kegiatan UPSUS Padi, Jagung, Kedelai (Pajale). (yud/adv)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako M Fadli Lepas Atlet Porprov Pagaralam ke Prabumulih

WAKIL Walikota Pagaralam, M Fadli SE melepas lebih kurang 198 atlet dan official dari 14 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.