Rabu , September 26 2018
Home / Gema Sriwijaya / Bupati Muba Raih Penghargaan dari Kemendes DTT

Bupati Muba Raih Penghargaan dari Kemendes DTT

Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin saat menyerahkan hadiah kepada juara BUMDesa Terbaik. (foto-istimewa)

Sekayu, KoranSN

Percepatan pembangunan desa dan pembinaan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berbuah manis.

Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan kreatifitas dan inovasi yang dilakukan BumDes di setiap Desa di Bumi Serasan Sekate yang disajikan dalam rangkaian kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Muba, Rabu (12/9/2018) di Stable Berkuda Sekayu.

“Kalau penilaian Kemendes DTT, Bursa Inovasi BumDes di Muba ini yang paling sukses pelaksanaannya dan realisasi program-programnya,” ungkap Dirjen Pembangunan dan Pmberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Dr Taufik Majid.

Menurutnya, dari seluruh pembinaan dan pelaksanaan BumDes dan Bursa Inovasi Desa di Indonesia kategori yang paling sukses dan keseriusannya paling menonjol di Kabupaten Muba.

“Setiap tahun pasti ada perubahan dan kontribusi positif, kami berharap ini terus dipertahankan dan ditingkatkan,” tuturnya.

Lanjutnya, pembinaan desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muba dibawah komando Bupati H Dodi Reza Alex Noerdin sangat nyata dan menyokong kontribusi positif untuk kemandirian Desa.

Baca Juga :   Perampok Sepeda Motor Tewas Dimassa Warga

“Jadi, tidak sia-sia dengan anggaran yang dialokasikan ke setiap Desa di Muba ini, terlebih bantuan Kemendes DTT dalam bentuk dana desa sangat dimanfaatkan betul,” katanya.

Selain itu, Program Generasi Sehat dan Cerdas di Kabupaten Muba juga berjalan sangat efektif.

“Oleh sebab itu, hari ini saya mewakili pak Menteri memberikan penghargaan kepada Bupati atas keberhasilan dan kesuksesannya membina dan mengimplementasikan Program Generasi Sehat dan Cerdas Tahun 2018 di Kabupaten Muba,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan Kabupaten Muba begitu banyak produk unggulan yang terpusat di Desa-Desa. “Jadi bursa inovasi di Muba ini bukan hanya ceremonial saja, tetapi sudah terbukti implementasinya di lapangan yang berdampak mendongkrak kesejateraan masyarakat desa,” tuturnya.

Baca Juga :   Kapolda Datang, Paslon Ngumpul

Dikatakan, ke depan kegiatan dan rangkaian bursa inovasi desa tersebut akan menjaring atau menyeleksi BumDes di Muba untuk dapat bersaing di tingkat nasional dan menjadi percontohan BumDes di Indonesia.

“Nanti akan kita bidik beberapa BumDes di Muba, yang tentunya akan mendapatkan pembinaan khusus untuk kemudian diharapkan bisa menjadi BumDes percontohan di Indonesia,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel, Yusnin menyebutkan dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel hanya ada enam Kabupaten yang mempunyai bursa inovasi desa.

“Salah satunya Kabupaten Muba, dan Muba ini satu-satunya Kabupaten yang memiliki BumDes di setiap Desa-nya,” kata Yusnin.

Yusnin menargetkan, ke depan bisa saja Muba akan menjadi tuan rumah pelaksanaan bursa inovasi desa di Indonesia.”Bisa juga nantinya di Muba ini akan menjadi pusat studi pembinaan BumDes di Indonesia,” tukasnya. (tri)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Atasi Macet Saat Puncak HUT Muba, Dishub Siapkan Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muba menyiapkan kantong parkir bagi tamu ...

error: Content is protected !!