Bupati Muba Segera Realisasi Kebutuhan Prioritas Masyarakat Babat Supat

Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin saat kunjungan kerja dalam rangka Safari Jumat (20/9/2019) di Masjid Al-Mujahidin Dusun Pilip III Desa Tanjung Kerang. (Foto-Humas Pemkab Muba)

Babat Supat, KoranSN

Masyarakat Dusun VIII Desa Tanjung Kerang, Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin, kini telah merasa lega. Pasalnya, apa yang mereka sampaikan kepada bupati bakal segera direalisasikan.

Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin telah menginstruksikan kepada dinas terkait yang mendampinginya pada saat kunjungan kerja, dalam rangka Safari Jumat (20/9/2019) di Masjid Al-Mujahidin Dusun Pilip III Desa Tanjung Kerang.

Dalam kesempatan tersebut, warga memohon bantuan Pemkab Muba terkait pengerukan (pendalaman) sungai dan sumur bor, karena sungai serta sumur yang biasa dimanfaatkan warga untuk kehidupan sehari-hari mengalami kekeringan.

Hal tersebut disampaikan salah satu perwakilan warga setempat, yaitu Basir warga Dusun VIII Desa Tanjung Kerang setelah Shalat Jumat bersama Bupati Muba yang didampingi Asisten III Setda Muba, H Ibnu Sa’ad SSos MSi, Camat Babat Supat dan kepala perangkat daerah Muba.

Selain itu, H Safari juga meminta bantuan pembangunan jalan penghubung antar desa dalam untuk kelancaran penyaluran hasil komoditi masyarakat.

Baca Juga :   Muara Medak Sulap Lidi Kelapa Sawit Jadi Piring

Menanggapi usulan tersebut, Bupati Muba Dodi Reza mengatakan, dirinya akan segera menindaklanjuti kebutuhan prioritas masyarakat, seperti infrastruktur jalan dan kebutuhan air bersih.

“Inilah salah satu tujuan kita melaksanakan Safari Jumat agar bisa mendengarkan secara langsung apa yang dikeluhkan masyarakat, yang menjadi prioritas masyarakat akan kita lakukan segera, kalau belum dibangun tahun ini akan kita anggarkan di tahun berikutnya,” kata Dodi.

Ia berharap kepada pemerintah desa supaya memanfaatkan alokasi Dana Desa dari APBD, dan Dana Desa dari APBN untuk meningkatkan infrastruktur dalam desa.

“Selain itu kami juga minta masyarakat aktif berpartisipasi mencegah maupun penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” ucap Bupati Muba.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah MARS yang turut mendampingi Bupati Muba memaparkan bahaya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan pada kesehatan, menurutnya partikel debu kabut asap dapat menyerang saluran pernapasan dan paru-paru.

“Untuk itu dalam kondisi kabut asap sebaiknya kita hindari terlalu banyak aktivitas diluar rumah dan perbanyak minum air putih, kosumsi buah dan sayur, selain itu jika beraktivitas keluar rumah sebaiknya gunakan masker dan jika sudah terdeteksi ada gejala ISPA harus segara berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat, petugas layanan kesehatan kita sudah saya instruksikan untuk melayani warga Muba sebaik-baiknya,” paparnya.

Baca Juga :   Dodi Reza Dorong Anggota LTKL Perkuat Daya Saing

Selanjutnya, Kepala Dinas PU PR Muba Herman Mayori yang turut hadir menjelaskan, jika tahun anggaran 2020 telah dialokasikan pembangunan dan peningkatan dua ruas jalan di Desa Tanjung Kerang, yakni dari Dusun III Desa Langkap dan dari jalan Pilip V Lais menuju Desa Tanjung Kerang.

“Insya Allah, kedepan kita program jalan yang lain,” tuturnya.

Terakhir, Direktur PDAM Tirta Randik Firdaus L Dine juga mengatakan, untuk membangun PDAM di Tanjung Kerang salah satunya dengan pemanfaatan Embung Senja.

“Untuk sumur bor kita akan koordinasi dengan kepala desa, dimana tempat yang bisa di buat sumur bor,” tutupnya. (tri)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Konversi BBM ke BBG, Ratusan Nelayan Muba Diverifikasi Kementerian ESDM

Sekayu, KoranSN Pemkab Muba melalui Dinas Perikanan berhasil mengajukan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.