Senin , Januari 21 2019
Home / Advetorial / Bupati Muratara H Syarif Hidayat Resmi Buka Festival Danau Rayo

Bupati Muratara H Syarif Hidayat Resmi Buka Festival Danau Rayo

Persatuan Jaksa Indonesia
Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat melepaskan burung pada Festival Danau Rayo. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Bupati Muratara H Syarif Hidayat resmi buka festival perdana di objek wisata Danau Rayo. Peresmiaan itu ditandai dengan beragam kegiatan, seperti zikir bersama, pelepasan burung, ikan, penanaman pohon hijau sekaligus beragam perlombaan.

“Hari ini (kemarin) kita saksikan Festival Danau Rayo yang perdana dan memperingati HUT Kabupaten Muratara ke-5 dan HUT kemerdekaan RI. Pelaksana kelompok masyarakat sadar wisata, saya ucapkan seluruh pihak yang terlibat terima kasih dan ikuti rangkaian acara semoga bisa menjadi hiburan bagi masyarakat banyak,” kata H Syarif Hidayat, Kamis kemarin (9/8/2018).

Ia mengungkapkan, ada tiga objek wisata andalan di Muratara yang akan di unggulkan, seperti Danau Rayo, Gua Napalicin dan Gua DNS di Kecamatan Karang Jaya.

“Semua kegiatan yang dilakukan di sini, seperti perlombaan, tari kreasi, budaya lokal, makanan khas daerah, dan produk-produk lainnya. Semoga bisa menarik wisatawan di wilayah kita,” harapnya.

Baca Juga :   Pengurus PKK Sumsel Kunker ke Muratara

Dirinya juga sangat mengapresiasi kegiatan ini terlebih lagi mengajak masyarakat untuk bahu membahu membangun potensi wisata sekaligus melaksanakan istighosa secara bersama. “Saya intruksikan seluruh SKPD, lurah kades, ikut kegiatan Danau Rayo. Laporkan jika ada yang tidak ikut. Kita harus bahu membahu membangun daerah kita,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muratara, Firdaus melalui Kabid Pariwisata Zajili mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat sadar wisata di Objek wisata Danau Rayo.

“Selain melibatkan secara langsung masyarakat untuk pengolahan objek wisata, kita harap ke depan kegiatan seperti ini bisa meningkatkan beragam pertumbuhan sektor ekonomi kerakyatan di sekitar Danau Rayo,” ungkapnya.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat menanam pohon untuk penghijaun dalam Festival Danau Rayo.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Masyarakat Sadar wisata Muratara, M Rusli mengatakan, pembukaan pestival Danau Rayo ini melibatkan, 500 peserta dan ribuan pengunjung, momentum ini merupakan titik awal kebangkitan pariwisata di Muratara.

Baca Juga :   SDN 2 Noman Bentuk Komite Sekolah

“Anak-anak, masyarakat kami kumpulkan untuk bersih-bersih di sini. Sekitar 300 mandau dan parang kami gunakan untuk membersihkan lokasi objek wisata. Kami buktikan, Muratara merupakan masyarakat yang santun dan bisa bekerjasama secara damai,” katanya.

Dengan dibukanya Festival Danau Rayo perdana ini lanjut Rusli, pihaknya berharap bisa membangkitkan potensi pariwisata di Muratara. Sehingga mampu menciptakan serapan ekonomi bagi masyarakat lokal, dan kesan positif bagi masyarakat luar daerah.

“Muratara ini indah, masyarakatnya kompak dan selalu bekerja sama. Itu yang akan kita jual ke masyarakat luas, festival dibuka selama beberapa hari. Mulai dari tanggal 9-26 agustus,” pungkasnya. (snd)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

SMPN Pulau Lebar Juara 4 Futsal Wanita 2019

Muratara, KoranSN Bermodalkan anak-anak yang masih muda belia, Tim Futsal SMPN Pulau Lebar diluar dugaan, ...