Bupati Serahkan 439 Hektar Lahan Plasma Kepada Masyarakat Karang Dapo

Bupati Muratara, HM. Syarif Hidayat saat menyerahkan SK kepemilikan lahan plasma secara simbolis. (Foto-SN/Sunardi)

Muratara, KoranSN

Sejak tahun 1996 atau 24 tahun silam, sengketa lahan plasma PT. Dendi Marker Indah Lestari (DMIL) dengan masyarakat Karang Dapo terus diperjuangkan oleh masyarakat Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) akhirnya membuahkan hasil, pasalnya Surat Keputusan (SK) kepemilikan lahan plasma seluas sekitar 439 hektar tersebut sudah ditandatangani oleh Bupati Muratara HM. Syarif Hidayat pada tanggal 23 september 2020 dan langsung diserahkannya kepada masyarakat Karang Dapo yang berhak menerimanya, Rabu (23/9/2020).

Dalam kesempatan itu Bupati Muratara, HM. Syarif Hidayat mengatakan selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara sangat memperhatikan setiap permasalahan yang dihadapi rakyatnya namun semua itu butuh proses.

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan menyampaikan masalah lahan plasma Karang Dapo, Bupati telah menandatangani SK nya dan langsung diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya guna diolah dan dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat disini (Karang Dapo, red).

Baca Juga :   BPI Sowan ke Kantor Bupati Muratara

“Selama ini bukan saya tidak peduli. Saya sangat memikirkan rakyat, saya juga sangat peduli dengan rakyat tapi untuk menyelesaikan masalah ini butuh proses,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades)  Karang Dapo I, Umar Aziz mengucapkan terimakasih kepada Bupati Muratara Bapak Syarif Hidayat beserta segenap instansi terkait dalam menyelesaikan sengketa lahan plasma di Karang Dapo.

“Atas nama Pemerintah Desa saya juga mengucapkan terima kasih kepada PT DMIL yang telah memberikan hak-hak masyarakat, meski selama ini banyak rintangan yang dihadapi dalam penyelesaiannya sengketa lahan plasma ini,” ucapnya.

Kades berharap, setelah permasalahan lahan plasma ini selesai agar tidak ada lagi selisih paham antara masyarakat dengan pemerintah sebab apa yang menjadi tuntutan masyarakat sudah direalisasikan.

Baca Juga :   Upal Marak Beredar, Masyarakat Muratara Resah

“439 hektar lahan plasma ini sudah ada bagian bagiannya. 324 hektar untuk masyarakat, 45 hektar untk tim 9, Bastari CS 50 hektar, dan 10 hektar untuk desa,” jelasnya.

Salah satu penerima lahan plasma, Rudi Hartono mengucapkan terimakasih kepada Bupati Muratara Bapak Syarif Hidayat yang telah mewujudkan impian masyarakat Karang Dapo selama puluhan tahun.

“Kami hampir saja menyerah tapi kami terus berjuang, Alhamdulillah akhirnya bisa terealisasi dan terbukti berhasil.  Terimakasih Pak Syarif Hidayat,” ucapnya dengan rasa haru. (snd)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Tiga Kecamatan di Sumsel Miliki Potensi Pergerakan Tanah Level Tinggi, Salah Satunya di Muratara

Palembang, KoranSN Tiga kecamatan di Provinsi Sumatera Selatan memiliki potensi pergerakan tanah level tinggi selama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.