Home / Kota Musi / Calon Independen Harus Miliki 503.335 Dukungan

Calon Independen Harus Miliki 503.335 Dukungan

Aspahani. (foto-dok/anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel menetapkan syarat bagi calon independen atau perseorangan untuk maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel tahun 2018 mendatang, minimal memiliki 503.335 dukungan pemilih yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP). Syarat tersebut ditetapkan melalui rapat pleno KPU Sumsel, Minggu (10/9/2017) sore.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengatakan, syarat dukungan tersebut didapat dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 17 kabupaten/kota se Sumsel yang sudah diverifikasi sebanyak 5.921.584 pemilih, dengan rincian 8 daerah diambil dari DPT Pilkada tahun 2014 dan 2015 dan 9 daerah berdasarkan DPT pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2014.

Kemudian katanya, berdasarkan peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 pasal 9 hurup b menyebutkan daerah yang mata pilihnya kurang dari 6 juta pemilih, atau pada pemilihan terakhir lebih dari 2 juta pemilih sampai dengan 6 juta pemilih harus didukung 8,5 persen pemilih.

“Dari data tersebut, kita tetapkan syarat bagi calon perseorangan untuk maju pada Pilgub 2018 mendatang sebanyak 503.335 dibuktikan dengan fotokopi KTP, dengan sebaran di minimal 9 kabupaten/kota,” ungkap Aspahani.

Ia menuturkan, kandidat yang sudah mendaftar melalui jalur perseorangan, tidak boleh lagi mendaftar melalui jalur partai politik (Parpol) ataupun didukung oleh Parpol.

Sementara Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis Penyelenggaraan, Liza Lizuarni mengatakan penyerahan berkas untuk jalur perseorangan tanggal 22-26 November 2017. Nantinya, setelah diserahkan, KPU akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Yang pertama akan kami periksa adalah jumlah yang disyaratkan dan sebaran pemilih, setelah itu baru kami lakukan verifikasi administrasi, untuk melihat keabsahan dukungan dan ada tidaknya dukungan ganda,” terang Liza.

Selanjutnya kata Liza, untuk verifikasi faktual, tim dari KPU akan terjun langsung ke lapangan, dan memeriksa kebenaran dukungan.

“Untuk verifikasi faktual, kami akan terjun langsung melalui sensus, jadi kami akan benar benar memeriksa langsung ke yang bersangkutan benar atau tidaknya mendukung,” ujarnya.

Lanjutnya, bagi calon perseorangan yang setelah diverifikasi masih terdapat kekurangan syarat dukungan, akan diberi waktu untuk perbaikan, namun jumlahnya dua kali lipat dari jumlah kekurangan.

“Ini untuk mengantisipasi kalau nanti ada kekurangan lagi. Setelah diverifikasi lagi dan dinyatakan lengkap dan sah, maka bakal calon dipersilahkan mendaftar bersama-sama calon dari jalur parpol,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Uji Coba LRT Palembang Dilakukan Tertutup

Palembang, KoranSN Light Rail Transit (LRT) Palembang, tadi malam Senin (21/5/2018) dilakukan uji coba secara ...

error: Content is protected !!