Home / Dari Desa ke Desa / Camat Ulu Rawas Muratara Usulkan Dokter Puskesmas

Camat Ulu Rawas Muratara Usulkan Dokter Puskesmas

Camat Ulu Rawas Kabupaten Muratara, Muhktaridi. (Foto-Sunardi/KoranSN)

Muratara, KoranSN

Pemerintah Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengusulkan Dokter Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Sebab di Puskesmas Ulu Rawas masih kekosongan dokter.

Camat Ulu Rawas, Mukhtaridi mangatakan, untuk itu dirinya mengusulkan permintaan dokter kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Kita tidak ada dokter di sana, hanya ada bidan dan perawat. Efisiennya, pelayanan itu sebaiknya ada dokter yang ditempatkan di setiap Puskesmas,” kata Camat.

Ia menuturkan, dengan tidak adanya dokter maka selama ini jika ada masyarakat yang menderita sakit harus dirujuk ke rumah sakit.

“Coba kalau ada dokternya di Puskesmas, warga tak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit, kecuali jika mereka memerlukan perawatan khusus,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Muratara Janji Berikan Kendaraan Oprasional Untuk Guru SD

Camat mengungkapkan, jika jarak dari Kecamatan Ulu Rawas ke rumah sakit cukup jauh.

“Bila ada warga yang sakit dan mau dirujuk ke rumah sakit bisa memakan waktu berjam-jam dalam perjalanan,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Muratara, Kusriyanto mengakui jika saat ini Kabupaten Muratara masih kekurangan dokter.

“Kami menyadari betapa pentingnya dokter untuk ditempatkan pada Puskesmas guna melayani kesehatan masyarakat, namun saat ini Kabupaten Muratara sedang kekurangan dokter,” ujarnya.

Ia mengatakan, dokter yang bertugas di Puskesmas seharusnya ada dua orang dokter.

Baca Juga :   Program Muratara Selaras Pembangunan Provinsi

“Saat ini kita masih kekurangan dokter, dalam ketentuannya di Puskesmas itu harus memiliki dua dokter. Kita akui masih ada Puskesmas yang belum mendapatkan dokter,” akunya.

Kedepan tambah Sekdis, pihaknya akan mengupayakan untuk menempatkan dokter di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Muratara.

“Tahun depan akan menjadi prioritas kita untuk menempatkan dokter di setiap puskesmas, nanti kita cari puskesmas yang memiliki tiga orang dokter dan akan kita pindahkan mereka ke Puskesmas yang masih kosong. Kita juga akan memaksimalkan dokter yang lolos CPNS untuk ditempatkan pada puskesmas yang masih kurang dokternya,” tutupnya. (snd)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Musrenbang RKPD Tahun 2020 Tampung 1500 Usulan

Muratara, KoranSN Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.