Selasa , September 25 2018
Home / Nasional / Catat! Tak Ada Putaran Kedua di Pilkada Serentak 2018

Catat! Tak Ada Putaran Kedua di Pilkada Serentak 2018

Ilustrasi. (foto-net)

Jakarta, KoranSN

Pilkada serentak tahun 2018 digelar di 171 wilayah, termasuk 17 pemilihan gubernur (Pilgub). Pelaksanaan pilkada hanya satu putaran, dan tidak ada pemungutan suara ulang terkait dengan perolehan suara.

Ketua KPU Arief Budiman menyebut, hanya provinsi DKI saja memiliki aturan berbeda. Dalam atuaran di Pilgub DKI, putaran kedua bisa terjadi apabila suara calon kepala daerah tidak di atas 50 persen. Hal tersebut tercantum dalam PKPU Nomor 6 tahun 2016.

“Pilkada 2018 1 putaran. UU sudah putuskan 1 putaran. Hanya DKI saja yang masih mengatur dua putaran,” kata Arief di, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Baca Juga :   Setelah Naikkan THR, Pemerintah Siapkan Rumah untuk ASN

Untuk calon Bupati atau Walikota, aturan ini termaktub dalam Pasal 107 ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang berbunyi:

Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati terpilih serta pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota terpilih.

Sedangkan aturan terkait Pilgub tertuang dalam Pasal 109 ayat (1) yang berbunyi:

Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur terpilih.

Baca Juga :   Ribuan Umat Hindu Palembang Gelar Panca Wali Utsawa Tingkat Nasional

Jadi, puncak acara Pilkada serentak 2018 adalah tanggal 27 Juni mendatang saat pencoblosan. Yang mendapat suara terbanyak, dialah yang menjadi pemenang.

“Asal itu (suara) yang paling besar,” sebut Arief. (detik.com)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Pemilu 2019, Kapolri Minta Perbanyak Deklarasi Damai

Jakarta, KoranSN Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta, semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan Pemilu ...

error: Content is protected !!