Selasa , September 25 2018
Home / Kota Musi / Cegah Korupsi di BKIPM, Semua Pelayanan Diubah Online

Cegah Korupsi di BKIPM, Semua Pelayanan Diubah Online

Giri Pratikno. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Guna mencegah maraknya praktek korupsi di ruang lingkup baik instansi maupun pemerintahan. Untuk itu, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II (BKIPM) Palembang mengubah semua pelayan manual dengan menggunakan sistem berbasis online.

Demikian dikatakan Kepala BKIPM Palembang, MW Giri Pratikno, Minggu (7/1/2018).

Menurut Giri, semua pelayanan di BKIPM, seperti sistem pelayanan sertifikasi baik untuk sertifikasi penerbitan sertifikat Ekspor, penerbitan sertifikat hazard analysis critical control point (HACCP) oleh unit engolah Ikan serta pengajuan dan penerbitan sertifikasi. Kemudian, cara karantina ikan yang baik (CKIB) semua itu sudah menggunakan sistem online sehingga sangat mudah, cepat dan efisien bagi masyarakat pengguna jasa untuk menerapkannya.

Baca Juga :   Optimis Kecamatan Jakabaring Diresmikan Maret

Ia mengunggkap, sebagai salah satu unit pelayanan publik di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan di Sumatera Selatan (Sumsel), BKIPM Palembang, pada tahun 2017 telah mendapatkan nilai positif dari masyarakat dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat mencapai 94,59 persen atau masuk dalam kategori A, yakni sangat memuaskan.

“Surveinya dilaksanakan pada dua periode, yakni Januari sampai April 2017 dan September hingga November 2017 dengan menggunakan metode mengacu pada Peraturan Menteri PAN RB Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat unit pelayanan publik dan Alhamdulillah tahun kemarin pelayanan kita bisa memuaskan maysrakat Palembang”, jelasnya.

Keberhasilan pada tahun 2017 lalu, lanjut Giri, tidak lepas dari hal pelayanan BKIPM Palembang yang mengeluarkan beberapa inovasi, salah satunya menghilangkan system pembayaran jasa karantina hand to hand antara petugas dan pengguna jasa dengan mengganti menggunakan system pembayaran elektronik.

Baca Juga :   Tolak Hasil Kesepakatan, Pihak Abu Tour Sempat Kabur

“Kami berterimakasih atas kepercayaan tinggi masyarakat pengguna jasa BKIPM Palembang, sesungguhnya hal yang lebih sulit adalah mempertahankan kualitas layanan itu sendiri daripada mengubah,” ujarnya.

Dirinya berharap, kedepannya tingkat pelayanan kepada masyarakat yang di berikan BKIPM dapat lebih meningkat dan lebih memberikan rasa nyaman.

“Untuk itu, kami berharap banyak masukan, saran dan kritik yang membangun untuk perbaikan layanan yang tiada henti di kemudian hari sehingga pelayanan kami bisa lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya. (rgn)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

PDAM Tirta Musi Terus Benahi Standar Pelayanan

Palembang, KoranSN GUNA memberikan sistem yang baik bagi masyarakat sebagai konsumen pengguna air bersih, Perusahaan ...

error: Content is protected !!