Home / Gema Sriwijaya / Cegah Malaria dengan IRS

Cegah Malaria dengan IRS

IRS yang disemprotkan ke dinding mampu membasmi nyamuk yang menempel karena mengandung racun insektisida. (Foto-Robby/Koransn)

Lahat, KoranSN

Terobosan baru terus dikembangkan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi dalam hal pencegahan penyakit yang ditularkan nyamuk salah satunya malaria. Kini, muncul metode tidak lagi menggunakan fogging (pengasapan, red) melainkan Indoor Residual Spraying (IRS) atau penyemprotan dinding rumah.

“Ini cara lama, yang memang belum begitu dikenal, biasanya kita melakukan fogging, hanya saja, kurang begitu efektif, kini, dengan IRS yang disemprotkan ke dinding rumah mampu membasmi nyamuk yang menempel, karena mengandung racun insektisida,” ulas Kadinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian, Pencegahan Penyakit Menular, dr Hj Erlinda MKes, ditemui belum lama ini.

dr Hj Erlinda menambahkan, obat yang terkandung pada sistem IRS tersebut, bisa bertahan dalam kurun tiga bulan. Tidak hanya di rumah warga saja.

“Dikandang hewan ternak pun bisa dilakukan, gedung sekolah dan perkantoran, ini yang akan disosialisasikan kedepannya,” ungkapnya.

Dimana, sambung dia, pada 2020 merupakan Eliminasi Bebas Malaria untuk diperlakukan di Kabupaten Lahat, kendatipun kasus yang disebabkan gigitan nyamuk tergolong tinggi.

“Pada Januari 2018 sendiri, setidaknya ada 26 kasus, kemudian Februari tercatat 7 Kasus, dan Maret ada 13 kasus,” jelas dr Hj Erlinda.

dr Hj Erlinda mengungkapkan, karena itulah, sebagai daerah yang endemi Malaria terus ditekan hingga target di 2020 betul-betul eliminasi malaria. Dimana, upaya dilakukan diantaranya, penyelidikan epidemiologi, pembagian kelambu, pengobatan dan pengendalian vektor.

“Dimana di 2017 saja, angka API (Annual Paracite Incidence) mencapai 0,52, dimana penurunan kasus malaria dan mempunyai API < 1,” tandas dr Hj Erlinda. (rob)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!