Home / Nasional / CEO Abu Tours Dituntut 20 Tahun Penjara

CEO Abu Tours Dituntut 20 Tahun Penjara

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia



Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Banyuasin

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
CEO perusahaan travel umrah AbuTours, Hamzah Mamba di sidang. (foto-net/vivanews.com)

Makassar, KoranSN

CEO perusahaan travel umrah Abu Tours, Hamzah Mamba, dituntut hukuman 20 tahun penjara dalam perkara dugaan penggelapan dan pencucian uang jemaah. Hal itu disampaikan jaksa penuntut umum dalam persidangan di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (21/1/2019).

Pada proses persidangan, JPU Darmawan Wicaksono meminta majelis hakim agar memutuskan terdakwa Hamzah Mamba dinyatakan bersalah.

“Menuntut majelis hakim menjatuhkan sanksi pidana kepada Hamzah Mamba dengan hukuman penjara 20 tahun dikurangi masa penahanan dan denda Rp100 juta,” kata Jaksa Darmawan dalam persidangan.

Berdasarkan keterangan saksi, pandangan ahli, serta barang bukti yang diajukan, Hamzah dianggap telah terbukti melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang.

Diketahui, Hamzah Mamba dituntut dengan dakwaan melanggar dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan serta Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencucian Uang. Berdasarkan berkas dakwaan yang dibacakan JPU, Hamzah dianggap telah memenuhi sejumlah unsur pidana.

Baca Juga :   Jemaah Haji Jangan Takut Masuk Bus Salawat Kosong

Hamzah dinilai bertanggung jawab terhadap uang senilai Rp1,2 triliun yang merupakan setoran biaya umrah dari 96 ribu jemaah ABU Tours.

Jaksa menyimpulkan bahwa uang jemaah mengalir untuk gaji karyawan dan fee agen ABU Tours. Di samping itu, uang juga ditransfer ke rekening pribadi terdakwa dan habis untuk kepentingan pribadi. Hal ini diperkuat keterangan 34 saksi, empat ahli, serta 420 barang bukti yang diajukan ke persidangan.

Tuntutan 20 tahun penjara terhadap Hamzah Mamba ternyata tak memuaskan jemaah yang merasa dirugikan. Turut hadir pada proses persidangan, mereka menyesalkan keputusan jaksa yang dianggap menjatuhkan tuntutan ringan. Jemaah ingin terdakwa dituntut hukum lebih berat.

Baca Juga :   Dewan Kehormatan PWI Sumsel Rakernas Draf Kode Perilaku Wartawan

Anugrah Yasin, salah satu jemaah Abu Tours, meminta jaksa agar mengkaji ulang tuntutannya. Tuntutan 20 tahun penjara dianggap cenderung memihak kepada terdakwa.

“Kami korban hampir satu tahun menderita batin dan tekanan psikologis. Kami minta terdakwa dihukum setimpal, minimal seumur hidup,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Denny Lumban Tobing menjadwalkan persidangan Abu Tours dilanjut pada Kamis, 24 Januari mendatang. Pada sidang tersebut terdakwa melalui kuasa hukumnya diberi kesempatan menyampaikan pledoi atau nota pembelaan.

Dalam kasus ini, PN Makassar menyidangkan empat tersangka. Selain Hamzah, turut jadi terdakwa istrinya bernama Nursyariah Mansyur. Selain itu terdakwa lain, mantan Komisaris Abu Tours Chaeruddin, dan mantan Direktur Keuangan Muhammad Kasim. Tuntutan kepada mereka akan disampaikan dalam sidang berbeda. (viva.co.id)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Ketua SOKSI Dorong Airlangga Jadi Ketua Umum Golkar Lagi

Jakarta, KoranSN Ketua Umum Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Ali Wongso Sinaga mendorong agar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.