Corona Menular Secara Transmisi Lokal, Prabumulih Masuk Zona Merah

Wilayah Prabumulih masuk zona merah. (sumber foto: dinas kesehatan sumsel)

Palembang, KoranSN

Terjadinya penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Prabumulih secara transmisi lokal membuat Prabumulih saat ini masuk dalam zona merah. Demikian dikatakan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumsel, Yusri yang juga Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease-19 (Covid-19) Sumsel, Kamis (2/4/2020).

Dijelaskannya, terjadinya penularan transmisi lokal bermula saat adanya satu pasien positif Covid-19 asal Prabumulih yang beberapa lalu meninggal dunia. Namun sebelum pasien tersebut mengeluh sakit dan diisolasi di rumah sakit lalu meninggal dunia, pasien sempat melakukan kontak dengan pihak keluarga.

“Akibat kontak tersebut membuat tiga orang yang merupakan keluarga dari pasien yang meninggal dunia tersebut kini dinyatakan positif Covid-19. Bukan hanya itu, sebelumnya seorang tenaga medis yang sempat merawat pasien meninggal dunia ini, juga dinyatakan positif. Hal inilah yang menguatkan jika di Prabumulih terjadi penularan transmisi lokal, sehingga saat ini Prabumulih masuk dalam zona merah,” katanya.

Baca Juga :   Tim Tachical Polair Bersenjata Laras Panjang Lumpuhkan Penghadang Logistik Pemilu di Sungai Musi

Menurutnya, pihaknya saat ini masih melakukan kajian terkait
adanya penularan Covid-19 di Kota Prabumulih yang terjadi secara transmisi lokal tersebut. Apabila dalam kajian tersebut diketahui jika penyebaran Covid-19 di Prabumulih kedepannya terjadi secara cepat maka Satgas Sumsel akan memberikan masukan kepada kepala daerah di Prabumulih untuk melakukan karantina wilayah.

“Jadi kita lihat dulu kedepannya, kalau Covid-19 ini menular dengan cepat hingga jumlah warga Prabumulih banyak positif maka kita usulkan kepada kepala daerah di sana agar melakukan karantina wilayah,” terangnya.

Masih dikatakannya, sedangkan untuk data tiga kasus baru positif Covid-19 lainnya, terdiri dari; satu kasus pasien asal Palembang, satu kasus pasien asal OKI dan satu kasus lagi pasien asal Jakarta.

“Kalau pasien asal Palembang dan asal OKI, keduanya terpapar karena sebelumnya melakukan perjalanan ke daerah terjangkit yakni diantaranya Jakarta. Sedangkan untuk satu pasien lagi yakni asal Jakarta, yang bersangkutan datang ke Palembang mengunjungi ke rumah keluarganya. Akan tetapi saat berada di rumah keluarganya, si pasien ini mengeluh demam dan batuk hingga akhirnya dari hasil pemeriksaan diketahui jika pasien asal Jakarta ini positif Covid-19,” tandasnya.

Baca Juga :   Palembang Zona Merah, Sekda Enggan Komentar

Sementara Profesor Yuwono yang juga Jubir Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona atau Covid-19 mengatakan, dikarena di Kota Prabumulih terjadi penyebaran Covid-19 secara transmisi lokal maka
Kota Prabumulih kini masuk dalam zona merah.

“Otomatis saat ini Kota Prabumulih masuk zona merah, bahkan di peta situasi Covid-19 di Sumsel kini wilayah Prabumulih tergambar warna merah,” tutup Profesor Yuwono. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wawako Bantu Pemasaran Pengrajin Tali Meiwa

Palembang, KoranSN Melalui kunjungan ke pengrajin tas keranjang anyaman yang berbahan dasar tali strapping band …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.