Home / Gema Sriwijaya / Cuaca Ekstrem, Diimbau Tak Mendaki Gunung Dempo

Cuaca Ekstrem, Diimbau Tak Mendaki Gunung Dempo

Ilustrasi. (foto-net)

Pagaralam, KoranSN

Kondisi cuaca ekstrem menyelimuti kawasan puncak Gunung Api Dempo (GAD), Pos Pemantau GAD mengimbau kepada masyarakat, khususnya pecinta alam untuk sementara waktu tidak melakukan pendakian ke puncak gunung.

“Saat ini, kondisi GAD tengah mengalami cuaca ekstrem, disertai angin kencang dan hujan. Kondisi ini diketahui, berdasarkan pemantauan visualisasi langsung di kawasan merapi dan puncak Gunung Dempo dengan melakukan pendakian sejak dua hari lalu,” ungkap Mulyadi didampingi Megian Nugraha, Petugas Pemantau GAD Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagaralam Utara, kemarin.

Kondisi cuaca ekstrem ini diakuinya, sangat membahayakan bagi para pendaki. Diharapkan sementara waktu, para pendaki dapat menahan diri tidak mendaki ke puncak sambil menunggu kondisi cuaca normal. Sebab jika dipaksakan akan sangat membahayakan.

“Selain melakukan pemantauan secara visualisasi, di kawasan puncak dan kawah merapi kami juga melakukan pemeliharaan dengan memeriksaan langsung alat pemacar seismograf sambil mengganti batre aki yang sudah lemah,” ujarnya.

Sementara itu sambung Mulyadi, aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD) terjadi fluktuatif atau naik turun namun untuk embusan masih seing terjadi. Hal ini terpantau dari hasil data rekaman kegempaan alat seismograf di Pos Pemantau Gunung Api Dempo Kelurahan Dempo Makmur.

“Sementara ini kondisi Gunung Api Dempo masih status wspada level II, namun kedepan kondisi kegempaan GAD belum dapat dipastikan apakah mengalami penurunan ataua sebaliknya. Pasalnya kalau alam tidak bisa diprediksi, sedangkan kita hanya sebatas melakukan pemantauan berdasarkan alat yang ada,” terangnya. (asn)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Debat Kendidat Paslon di Empat Lawang di Alihkan Diluar Kabupaten

Empat Lawang, koranSN Guna mengantisipasi terulangnya peristiwa kericuhan yang terjadi saat deklarasi damai di Pulo ...

error: Content is protected !!