Dana Desa Bantu Perekonomian Masyarakat

Tampak pembagunan jalan Desa sedang dikerjakan.(foto-sunardi/koransn)

Muratara,KoranSN

Dana Desa (DD) merupakan program dari pemerintah pusat untuk pembangunan di Desa, baik pembangunan infrastruktur maupun ekonomi kemasyarakatan. Hal ini seperti dikatakan salah satu masyarakat Desa Noman, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Indri,kemarin.

Ia mengatakan di saat ekonomi masyarakat seperti sekarang ini, Dana Desa sangat membantu sekali untuk membeli kebutuhan sehari hari mulai dari mengangkut koral, mengangkut pasir hingga menjadi buruh bangunan dalam pembangunan infrastruktur jalan yang bersumber dari Dana Desa.

“Selama ada proyek dari Dana Desa masyarakat disini sangat terbantu sekali ada yang ngangkut koral, ngangkut pasir dan ada juga yang jadi tukang. Kalau saya ikut nyemen jalan setapak,”Katanya.

Baca Juga :   JPKP Minta Kejari Audit Anggaran di Inspektorat dan Desa

Indri mengungkapkan dengan mereka mengangkut material, seperti koral, pasir untuk pembangunan jalan setapak dari dari Dana Desa tersebut penghasilannya bisa untuk membeli kebutuhan sehari hari.

“Kalau harga koral, per karungnya dua ribu rupiah, harga pasir juga sama. Nah Rata rata dalam sehari mereka bisa dapat 50 hingga 60 karung bahkan ada yang lebih tapi inikan tidak pula setiap hari, kalau saya sendiri nggak tentu pendapatannya. Kadang kadang dalam sehari itu bisa kami dapat antara 15 hingga 20 meter, upah permeternya sekitar 35 ribu rupiah kemudian kami bagi tiga karna yang nyemen jalan itu kami bertiga. Disamping kami bertiga, ada juga orang lain,”Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Noman, Kecamatan Rupit, Taufik Haris mengatakan pada tahun 2019 ini Dana Desa untuk Desa Noman masih membangun infrastruktur jalan.”DD tahun ini kita masih bangun jalan Desa dan Drainase,”Katanya.

Baca Juga :   Modernisasi Pertanian, Dongkrak Produksi Padi di OKI

Ia menjelaskan karena Desa Noman ini ada pengembangan atau perluasan Desa kebelakang maka pembangunan infrastruktur jalan masih difokuskan.”Tahun ini juga kita dapat bantuan Bedah Rumah dari Pemkab Muratara, sebagian Bedah Rumah itulah kita bangun kebelakang Desa makanya kita bangun jalan Desa yang dibelakang ini,”Tutupnya. (snd)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Satu Desa di Garut Diisolasi Karena Ditemukan Tiga Positif COVID-19

Garut, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, memutuskan mengisolasi Desa Samida, Kecamatan Selaawi, selama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.