Senin , Februari 18 2019
Home / Gema Sriwijaya / Dana Desa Digunakan Efektif dan Inovatif

Dana Desa Digunakan Efektif dan Inovatif

Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Drs Muzakar MPd membuka acara Rakor Tim Inovasi dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM melalui Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Drs Muzakar MPd membuka Rakor Tim Inovasi dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Kamis (6/12/2018) sekitar pukul 09.0 wib.

Muzakar mengatakan, rakor diharapkan dapat menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi bagi penyelesaian masalah pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, untuk pemanfaatan sumber daya lokal pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif serta menguatkan komitmen untuk pembangunan desa.

Selanjutnya, peningkatan kualitas penggunaan dana desa akan berdampak pada kualitas pembangunan desa. Sehingga, pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan pembangunan pada level kecamatan dan kabupaten, karena pada intinya pembangunan dimulai dari desa dan daerah pinggiran.

Menurut Muzakar, penetapan komitmen inovasi desa yang telah diputuskan oleh desa-desa adalah merupakan salah satu dasar pembiayaan kegiatan yang bersumber dari dana desa. Oleh karena itu, peranan camat, tenaga ahli (TA),Pendamping Desa (PD), Pendamping Lokal Desa (PLD), Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) merupakan hal penting dalam melaksanakan Program Inovasi Desa ini.

Baca Juga :   Danramil Kayuagung Resmikan Bedah Rumah

“Diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim pada umumnya dan pemangku kepentingan di Desa khususnyam dapat mewujudkan kegiatan pembangunan desa yang inovatif, berkualitas, efektif dan efisien,”kata Muzakir.

Masih dikatakan Muzakar, melalui berbagai kegiatan pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa. Selain itu dapat membantu Pemerintah Desa dalam menyediakan layanan teknis yang dibutuhkan.

“Jadi kegiatan ini, bukan sekedar membelanjakan anggaran semata. Mari kita sukseskan Program Inovasi Desa ini, dengan suksesnya Program ini sekaligus kita mensukseskan Program Pemerintah Pusat dan Program Muara Enim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri,sehat dan sejahtera,”harap Muzakar.

Baca Juga :   BLH Banyuasin Tuding Pertagas Tak Berpedoman Pada Amdal

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Drs Hj Herlina menambahkan, tujuan kegiatan ini untuk pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan Program inovasi desa, Kemudian, mengkoordinasikan jajaran fungsional dengan struktural dalam sebuah forum sehingga mensinergiskan dalam pelaksanaan program inovasi desa di Kabupaten, Kecamatan dan desa.

“Selain itu, meningkatkan kapasitas Tim Inovasi desa, Tenaga ahli kabupaten,pendamping desa dan Tim pelaksana inovasi desa dan memfasilitasi pemanfaatan P2KTD,”terangnya.

Kegiatan Rakor Tim Inovasi dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muara Enim ini diikuti sebanyak 106 peserta yang berasal dari, Tim pelaksana inovasi desa 40 orang, Tim inovasi kabupaten 20 orang, Camat/Kasi PMD 20 orang, pendamping desa 20 orang dan tenaga ahli kabupaten 6 orang. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Polres Mura Siap Kawal Pengambilan Surat Suara

Musirawas, KoranSN Jajaran Polres Mura bersama dengan KPU dan Bawaslu Kabupaten Mura dan Muratara melaksanakan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.