Home / Dari Desa ke Desa / Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Dana Desa Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Wakil Ketua Komisi XI Achmad Hafisz Tohir (tengah) saat memaparkan kinerjanya. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengungkapkan dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah untuk perkembangan desa sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

“10 tahun kedepan, jika dana desa dikelola dengan baik, maka akan memberikan kontribusi bagi desa dan otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di desa,” ungkap Hafisz dalam keterangan persnya di Rumah Pemenangan Hafis Tohir Center, Senin (14/1/2019).

Ia mengungkapkan, sejak tahun 2014 lalu, anggaran dana desa mengalami kenaikan signifikan, mulai dari Rp 10 triliun dan pada tahun 2018 lalu anggarannya mencapai Rp 69 triliun.

Baca Juga :   Desa Telanai Banding Agung Perjuangkan Kesejahteraan Warga

“Dengan anggaran yang besar maka akan memberikan kontribusi bagi desa. Karena desa selama ini belum begitu maju dibandingkan dengan kelurahan yang ada di kota,” ujarnya.

Menurut dia, 60 persen masyarakat Indonesia tinggal di desa dan 50 persen masyarakat, berlatarbelakang petani, sehingga dana desa ini menjadi langkah yang tepat dalam memajukan desa.

Hafisz juga menyoroti murahnya harga karet dan sawit, hingga menjadi persoalan bagi petani. Kondisi ini juga berdampak terhadap petani karet dan sawit di Sumsel.

Baca Juga :   Bantu Korban Kebakaran, DPK KNPI Tanah Abang Lakukan Aksi Penggalangan Dana

Oleh karena itu, hilirisasi kedua hasil perkebunan tersebut sangat mendesak dilakukan.

“Dalam beberapa tahun menjadi persoalan bagi pemerintah, oleh karena itu untuk meningkatkan harga karet dan sawit Pemerintah atau pihak investor harus membangun pabrik sawit maupun karet,” pungkasnya. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kebersamaan Warga Antarkan Kemajuan Desa Banding Agung OKU Selatan

TATANAN masyarakat yang sangat menghargai hubungan kebersamaan dan kekeluargaan merupakan cermin kearifan lokal. Hal inilah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.