Dana Desa Untuk BLT Sudah Disalurkan ke 56.993 Desa

Warga menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Balai Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, dana desa telah disalurkan ke 56.993 rekening kas desa untuk dibagikan sebagai bantuan langsung tunai (BLT) kepada warga miskin dan warga yang terdampak pandemi COVID-19.

“Jadi sampai dengan hari ini, 22 Mei 2020 pukul 12.00 WIB, dana desa yang sudah tersalur ke Rekening Kas Desa, artinya desa yang duitnya sudah ada, kas desanya sudah ada isinya, yaitu 56.993 desa,” katanya saat menyampaikan keterangan pers melalui webinar di Jakarta, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga :   Polisi Salurkan Kebutuhan Air Bersih ke Daerah Terdampak Kekeringan

Dana desa untuk BLT bagi warga terdampak pandemi COVID-19, menurut dia, sudah tersalur ke 76 persen dari 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia.

Sebanyak 56.504 dari 56.993 desa yang sudah menerima dana desa, ia menjelaskan, sudah menggelar musyawarah desa khusus dan menetapkan keluarga-keluarga yang dinilai berhak menjadi keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa.

“Atau setara dengan 99 persen dari 56.993 desa,” katanya.

Sedangkan jumlah desa yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat, menurut dia, sebanyak 37.012 atau 65 persen dari seluruh desa yang telah menerima dana desa.

Baca Juga :   Kades Tak Boleh Mengeluarkan Kebijakan Sendiri Dalam Penggunaan Dana Desa

Dengan demikian, masih ada 19.981 desa yang sudah menetapkan keluarga calon penerima bantuan namun belum menyalurkan BLT Dana Desa. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BRG Ajak Akademisi dan Praktisi Temukan Teknologi Hidrologis Gambut

Jakarta, KoranSN Badan Restorasi Gambut (BRG) mengajak akademisi dan praktisi untuk menemukan titik temu, pengetahuan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.