Rabu , Desember 12 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Dana PKH Tahap IV 2018 Cair

Dana PKH Tahap IV 2018 Cair

Suasana sosilisasi program KPH. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Sebanyak 32.213 masyarakat miskin di Kabupaten Banyuasin menerima dana bantuan PKH tahap IV tahun 2018 yang disalurkan pada Bulan Novemberi 2018 ini dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Dana ini digunakan untuk membantu keperluan pendidikan dan kesehatan anak- anak, balita, bumil, bufas, biaya pengobatan lansia dan disabilitas para penerima manfaat PKH, atau sering disebut KPM PKH (Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan).

Koordinator PKH Kementerian Sosial Kabupaten Banyuasin, Deni Henata menjelaskan, saat ini dana bantuan PKH tahap IV tahun 2018 telah disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Targetnya, sebelum akhir tahun ini, semuanya sudah disalurkan ke KPM PKH,” kata Deni saat dibincangi, Jum’at (30/11/2018).

Dikatakannya, penyaluran bantuan ini, dilakukan 4 kali dalam setahun. Tahap I berjumlah Rp 500.000 yang disalurkan pada Februari, tahap II Rp 500.000 disalurkan pada Mei.

“Tahap III berjumlah Rp 500.000 yang disalurkan pada bulan Agustus, dan tahap IV berjumlah Rp 390.000 yang disalurkan pada bulan November, hingga total tiap rumah tangga mendapatkan bantuan Rp 1.890.000 dalam setahun,” jelasnya.

Namun seiring berjalan ada kebijakan terbaru terang Deni, mengenai nominal bantuan untuk tahap IV ini, yang semula berjumlah Rp 390.000 menjadi Rp 266.350, sehingga total setahun pada 2018 ini menjadi Rp 1.766.350.

Baca Juga :   Kopi Khas Lahat Tampil Dalam Kegiatan Hari Krida Pertanian di Ciamis

“Ini berdasarkan keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga No: 606/SK/LJS.JSK.TU/09/2018 tentang Perubahan Pertama Keputusan Direktur Jaminan Sosial Keluarga No: 74/SK/LJS.JSK.TU/01/2018. Perubahan ini dilakukan atas pertimbangan karena di beberapa bulan belakangan yang lalu terjadi berbagai bencana dan musibah yang terjadi di Lombok, Bali, Palu, Donggala, Sigi, sehingga presentase anggaran Kementerian Sosial tersalur kesana sebagai bentuk perhatian pemerintah akan bencana yang terjadi,” ungkapnya.

Deni mengatakan, jumlah peserta PKH untuk Kabupaten Banyuasin hingga tahap IV tahun 2018 ini berjumlah 32.213 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) atau KK, dengan jumlah saluran dana total dalam 1 tahun (2018), adalah Rp 62.615.190.000.

“Dana ini bukan petugas PKH yang menyalurkannya, tapi langsung ditransfer dari Pusat ke rekening peserta PKH melalui buku tabungan Bank BRI, dan ini langsung dinikmati KPM. Program PKH adalah program nasional atau program Pemerintah yang paling efetif dalam mengurangi kemiskinan di Indonesia termasuk di Kabupaten Banyuasin,” kata Deni menambahkan.

Deni mengharapkan, jika ada permasalahan–permasalahan terkait KKS yang hilang, saldo kosong, dan akses pengambilan bantuan yang sulit karena informasi dan geografis yang sulit, agar segera dikordinasikan kepada petugas resmi, dalam hal ini adalah pendamping sosial PKH yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga :   Korban Ledakan Gas PT Petro Enim Betun Selo Kritis

“Peran pendamping sosial PKH sangat besar dalam pelaksanaan PKH di lapangan, baik dalam hal menyampaikan informasi tentang program, sosialisasi, koordinasi dengan pemerintah setempat maupun pihak terkait, membina, mengedukasi, mengadvokasi juga membantu masyarakat miskin dalam memperjuangkan harkat dan martabat keluarga KPM, pertemuan kelompok/FDS, memutakhirkan data KPM, hingga mengurus dan mendampingi penyaluran dana peserta PKH,” ungkapnya.

Pendamping Sosial PKH tegas Deni, dilarang mengambil, mengutip atau berbuat yang merugikan KPM, juga kalau ada pihak luar, oknum pemerintah desa atau kecamatan yang mengutip atau mengambil pungutan/mengkoordinir ke warga peserta PKH, maka hal itu tidak dapat dibenarkan.

“Ini adalah tahun ke 8 kiprah PKH di Kabupaten Banyuasin semenjak awal tahun 2011 masuk ke Banyuasin. Kami berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin untuk support dan mendukung pelaksanaan PKH baik dari tingkat kabupaten hingga ke kelurahan/desa,” pungkasnya. (sir)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Banyuasin Raih Bhumandala Ariti Tingkat Nasional

Banyuasin, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin kembali mendapat penghargaan bergengsi tingkat nasional. Kali ini, Banyuasin ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!