Danau Biru Potensial Menghasilkan PAD



Tampak Danau Biru dijadikan warga sebagai tempat keramba apung. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Melimpahnya potensi wisata alam di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sudah tidak diragukan lagi, bahkan kabupaten yang baru berusia 4 tahun ini, mempunyai lebih dari 10 potensi objek wisata yang siap memanjakan wisatawan.

Semua potensi wisata alam yang ada di Bumi Beselang Serundingan ini menarik untuk dikembangkan, karena bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satunya Danau Biru yang ada di Desa Bingin Rupit, Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara.

Potensi wisata alam yang satu ini menarik untuk dikembangkan, karena keberadaannya cukup strategis berada di dekat Jalan Raya yakni Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Serta tidak terlalu jauh dari pusat ibukota, sehingga para pecinta keindahan bisa dengan mudah mengunjunginya.

Kepala Desa (Kades) Bingin Rupit, Henky Basyip, Minggu (20/5/2018) menjelaskan, Danau Biru sudah terbentuk oleh alam jauh sebelum wilayah tersebut dijadikan desa. Namun yang mengejutkan adalah, ternyata dinamakan Danau Biru bukan karena airnya berwarna Biru, tapi kata ‘Biru’ merupakan singkatan dari nama Desa Bingin Rupit.

Baca Juga :   Bayar Rp 210 Ribu Masyarakat Musirawas Bisa Nikmati Air Bersih

“Memang banyak orang mengira Danau Biru ini airnya berwarna Biru, tapi sebenarnya tidak, Biru itu singkatan dari Bingin Rupit. Tapi memang kebanyakan orang berkunjungi ke sini mengatakan danau ini menarik kalau dikembangkan, karena dekat jalan raya,” ungkapnya

Untuk saat ini, kondisi Danau Biru memang belum terawat. Bahkan di sekitar danau banyak ditumbuhi rumput liar sehingga menutupi sebagian danau.

“Pernah ada warga mengusulkan supaya dikelolah menggunakan Dana Desa, tapi saya bilang tidak bisa,” beber kades.

Kades menjelaskan, Danau dengan luas sekitar satu hektar tersebut memiliki kedalaman mencapai dua meter. “Luasnya sekitar satu hektar, dulu kedalaman danau ini lebih dari dua meter, akibat faktor alam jadi dangkal. Ini memang kalau dikembangkan, bisa menambah pendapatan desa dan juga daerah kita.

Baca Juga :   Ratusan Pegawai Pemkab Muara Enim di Tes Urine

Sementara Edi (40) warga setempat mengatakan, ia mengakui jika danau tersebut sangat indah, hanya saja belum di kelolah dengan baik, itu saja sering kali di kunjungi oleh warga sambil memancing.

“Saya berharap kepada pihak pemerintah melalui dinas terkait, kiranya dapat mengusulkan agar dapat di kelolah dengan baik,” pungkasnya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Permainan Edukatif Latih Kemampuan Berpikir Anak

Lahat, KoranSN TP PKK Lahat bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, mengelar keterampilan …