Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Dandim 0405: Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan

Dandim 0405: Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Letkol CZI Srihartono.
Letkol CZI Srihartono.

Empat Lawang, KoranSN

Dandim 0405 Lahat, Letkol CZI Srihartono meminta masyarakat dan semua pihak untuk waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), apalagi di musim kemarau ini.

Pihaknya siap untuk menjadikan wilayah Empat Lawang yang merupakan kawasan militernya untuk terhindar dari asap alias zero asap. “Kami siap, beberapa upaya juga telah dilakukan,” katanya, Kamis (21/7/2016).

Adapun upaya antisipasi karhutla tersebut, Srihartono menjelaskan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, yang perlu diutamakan, yakni upaya pencegahan sebelum terjadi Karhutla.

“Upaya pencegahan itu, diantaranya yakni dengan membuat spanduk larangan Karhutla di sejumlah wilayah yang ada,” katanya.

Baca Juga :   DPRD Jambi Belajar Ternak Ikan di Banyuasin

Srihartono menegaskan, pihaknya tidak segan-segan menindak dengan tegas pelaku pembakaran lahan dan hutan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Hal itu mengacu pada perintah presiden yang menginginkan 2016 zero asap.

“Asap ini dampaknya kemana-mana, termasuk juga ke bidang ekonomi,” tukasnya.

Lanjut, untuk daerah gambut, Korem 044 Garuda Dempo sudah ciptakan mikro organisme untuk merekatkan tanah. Sehingga, tanah yang rongga-rongganya besar dapat menyempit, sehingga oksigen didalam lahan gambut berkurang. Dengan begitu dapat mencegah kebakaran di lahan tersebut.

“Kebakaran itu terjadi karena ruang oksigen yang cukup besar, namanya bius 44, ini sudah ditebar di Banyuasin, OI dan OKI yang memang rawan kebakaran. Kalau lahan kita ini tidak terlalu rawan,
tapi tetap akan kita tebar bagi masyarakat yang membutuhkan,” tutur dia.

Baca Juga :   Warga Minta Agar Warnet Nakal Ditutup

Zat itu semacam pembunuh rumput tanpa membakar lahan, yang diciptakan Korem 044 Garuda Dempo, dan akan disebar luaskan oleh Kodim yang ada guna antisipasi pembakaran lahan dan hutan.

“Saya sendiri akan berangkat menanyakannya, dan akan di bagikan ke masyarakat. Jadi masyarakat kalau memang sulit untuk lahan pertanian tidak mesti membakar semak-semaknya itu, jadi nanti akan kami bantu dengan memberikan semacam zat untuk membasmi rumput semak-semak tadi,” pungkasnya. (foy)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Dodi Reza Akan Jadi Pembicara di Kampus STIA LAN Bandung

Sekayu, KoranSN Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin diundang oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.