Danrem 044/Gapo Lihat Hasil Tebar Bios 44 di Sungsang

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo SIP usai mendampingi Menteri Pertanian RI Dr Ir H Andi Amran Sulaiman melihat hasil penebaran Bios 44 di pohon kelapa. (foto-humas kodam)

Sungsang, KoranSN

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo SIP usai mendampingi Menteri Pertanian RI Dr Ir H Andi Amran Sulaiman dalam rangka panen raya padi bersama di Desa Upang Marga Kecamatan Air Saleh Kab. Banyuasin, menyempatkan diri melihat hasil penebaran Bios 44 di kolam ikan dan tanaman pohon kelapa beberapa hari yang lalu di Desa Marga Sungsang Kec. Sungsang Kab. Banyuasin pada Senin petang (29/1/2018) bersama dengan anggota Tim Gator Korem 044/Gapo.

Penebaran Bios 44 yang dilakukan beberapa minggu lalu terhadap kolam budidaya ikan nila dan patin milik Bapak Syam (62), dari pantauan dilapangan terlihat hasilnya, semula air kolam payau (masam) kini berubah menjadi normal, ikan terlihat agresif dan nafsu makan bertambah, sehingga pertumbuhan ikan cukup baik dan cepat. Sementara hasil penebaran Bios 44 pada tanaman kelapa di lahan gambut yang baru berumum + 1 tahun ini terlihat hasinya tanaman yang semula layu kini menjadi lebih segar dan daun lebih hijau.

Baca Juga :   PLN WS2JB Pastikan Gardu Listrik Digembok dan Diberi Kawat Berduri

Pemilik lahan Bapak Syam mengaku senang setelah kolam ikan dan tanaman kelapa miliknya menjadi lebih produktif setelah diberi Bios 44 oleh prajurit TNI dari Korem 044/Gapo sebagai pupuk alternatif dalam budidaya ikan dan kebun kelapanya, “Disini daerah lahan gambut yang airnya masam, untuk budidaya ikan susah karena banyak yang mati dan tanaman kelapa susah tumbuh, Alhamdulilah setelah ditebar Bios 44 ini, ikan peliharaan menjadi agresif dan tanaman kelapa menjadi lebih subur,” ungkap Syam.

Danrem dalam kesempatan ini mengatakan, bahwa dengan hasil penebaran Bios 44 pada kolan ikan yang airnya payau dan tanaman kelapa lahan gambut tersebut, membuktikan bahwa Bios 44 yang pada mulanya inovasi yang digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan gambut di wilayah Sumsel, kini telah berkembang yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perikanan maupun perkebunan. “Dengan hasil nyata penggunaan Bios 44 pada kolam ikan air payau dan tanaman kelapa lahan gambut telah menunjukan hasil, maka Bios 44 ini akan terus dikembangkan ke daerah lain,” terangnya.

Baca Juga :   AMFERA Meriahkan Palembang Torism Art Festival

Selain itu, Kolonel Kunto juga menambahkan, di wilayah Sungsang yang mayoritas merupakan lahan gambut yang digunakan untuk budidaya ikan dan lahan perkebunan maupun persawahan, sangat cocok untuk diberi Bios 44, karena dengan pemberian Bios 44 ini dapat menteralisir keasaman tanah atau meningkatkan Ph tanah, sehingga ikan maupun tanaman dapat tumbuh subur yang akan meningkatkan hasil produktivitasnya,” pungkasnya. (sir/dam)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Banyak Warga Abaikan Prokes, Sehari 57 Orang di Palembang Positif Corona

Palembang, KoranSN Masih banyaknya warga yang mengabaikan protokol kesehatan (Prokes) membuat Kota Palembang hingga kini …