Daop 6 Yogyakarta Optimalisasi Angkutan barang Rail Express

Pekerja merapikan susunan sepeda motor sebelum diangkut ke dalam gerbong kereta barang di Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara. (foto-antaranews)

Yogyakarta, KoranSN

PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengoptimalisasi layanan angkutan barang mendukung pemerintah menggerakkan perekonomian di masa pandemi COVID-19 dengan angkutan Rail Express yang bisa diakses di tujuh stasiun di wilayah kerja tersebut.

“Rail Express adalah layanan PT KAI untuk jasa angkutan retail ‘station to station’ dengan harga terjangkau,” kata Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto di Yogyakarta, Sabtu.

Dengan memanfaatkan layanan Rail Express, masyarakat dapat mengirimkan semua jenis barang atau paket seperti sepeda motor, sepeda, produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), barang dari e-commerce, bahan pangan dan bahan kebutuhan pokok.

Bahan pokok yang bisa dikirim melalui layanan Rail Express di antaranya buah-buahan, sayur, daging, susu, telur, rempah-rempah, makanan olahan. “Bisa mengirim berbagai jenis produk atau barang ke berbagai tujuan dengan murah, cepat dan aman,” katanya.

Baca Juga :   Imlek di The Excelton Sajikan Menu Spesial

Di wilayah kerja Daop 6 Yogyakarta, masyarakat dapat mengirimkan paket tersebut melalui tujuh stasiun yaitu Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, Solo Jebres, Klaten, Lempuyangan, Pursowari, dan Sragen.

Pelanggan cukup menyerahkan barang atau paket yang hendak dikirim melalui loket Rail Express yang ada di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan.

“Rail Express ini merupakan bagian dari peningkatan layanan angkutan barang saat belum maksimalkan kinerja angkutan penumpang,” katanya.

Tarif yang ditawarkan pun cukup terjangkau bahkan murah, yaitu rute Yogyakarta-Jakarta ditetapkan Rp950 per kilogram, Yogyakarta-Surabaya Rp700 per kg. Tarif tersebut berlaku per 5 kilogram kecuali untuk sepeda motor ditetapkan berdasarkan kapasitas mesin.

Sedangkan untuk angkutan penumpang, PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga akan meningkatkan perjalanan kereta pada Agustus dengan menjalankan berbagai kereta yang sempat berhenti operasi selama pandemi COVID-19.

Baca Juga :   PTBA Jalin Kerjasama dengan Kejati Sumsel

Sejumlah kereta yang akan dioperasionalkan tersebut adalah kereja jarak jauh seperti Taksaka, Mataram, Senja Utama Solo, Matarmaja, Turangga, Bima, Pasunda, Wijaya Kusuma, Mutiara Selatan, Jogosemarkerto, Bengawan, Kahuripan, Sripanjung dan Argo Dwipangga.

Namun demikian, belum semua kereta tersebut akan dioperasionalkan tiap hari. Kereta yang dioperasionalkan tiap hari di antaranya Bengawan, Sritanjung, dan Kahuripan. (antara/ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Indef Minta Pemerintah Adil Pilih Target Penerima Insentif Rp 2,4 Juta

Jakarta, KoranSN Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad minta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.