DAS Dangkal, Kecamatan Betung Rawan Banjir

Foto banjir mulai menghantui warga Kecamatan Betung. (foto/Siryanto)
Banjir mulai menghantui warga Kecamatan Betung. (foto/Siryanto)

Banyuasin, KoranSN

Daerah aliran sungai (DAS) di wilayah Kabupaten Banyuasin sudah mulai mendangkal. Dampaknya dikhawatirkan jika turun hujan dengan intensitas lebat, kawasan daratan Banyuasin akan terendam banjir.

Pantauan SN, Selasa (15/11/2016), daratan Banyuasin yang kondisi DASnya mendangkal dan rawan banjir di wilayah Kecamatan Betung ada di Desa Bukit, Kelurahan Betung, Rimba Asa, Desa Lubuk Karet. Di Kecamatan Suak Tapeh terdapat di Desa Lubuk Lancang, sedangkan di Kecamatan Banyuasin III terdapat di Kelurahan Seterio.

“Walau hujan tidak begitu deras, airnya langsung mengenang dan mengganggu aktivitas masyarakat, apalagi dalam kondisi dataran rendah dan memotong ruas Jalintimsum, maka dapat menghambat arus kendaraan yang melintas di jalan negara,” kata Firman, warga Betung saat diwawancarai, Selasa (15/11/2016).

Baca Juga :   PALI 1 Kasus, Banyuasin 3 Kasus Positif Covid-19

Firman berharap, Pemerintah Banyuasin cepat tanggap dan tidak membiarkan kondisi DAS yang ada di wilayah daratan Banyuasin yang merata sudah mendangkal.

Sementara Anggota Komisi III DPRD Banyuasin Indra Gunawan mengatakan masyarakat Banyuasin tidak boleh lengah terhadap ancaman banjir. Ia meminta pemerintah secepatnya menormalisasi DAS yang sudah mendangkal.

Menurut Indra, DAS yang ada pada daratan Banyuasin mengalami pendangkalan berat, karena rumah tinggalnya sendiri selama musim hujan tahun ini sering direndam banjir, padahal kediamannya berada di kawasan yang tinggi.

Baca Juga :   Yudi Noviandri Jabat Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Pangkalan Balai

“Penyebab rumah saya terendam banjir itu akibat aliran air menyempit dan mendangkal ditambah gorong-gorong yang memotong jalan lintas terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung luapan debit air hujan,” ungkapnya. (sir)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Nama Dinas KopUKMNakerTras Empat Lawang Dicatut

Empat Lawang, KoranSN Nama Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KopUKMakerTras) Kabupaten Empat Lawang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.