Minggu , September 23 2018
Home / Headline / Debat Kandidat Publik Pilwako Lubuklinggau Sukses

Debat Kandidat Publik Pilwako Lubuklinggau Sukses

Kandidat Calon Walikota Lubuklinggau No. Urut 1, H.Toyeb Rakembang-Sopyan (TOS), No.Urut 2, H.SN.Prana Putra Sohe-H.Sulaiman Kohar (Nansuko) dan paslon No.Urut 3 , H.Rustam Efendi- Rizky Aprillia (RR). (Foto-Rifat/Koransn)

Lubuklinggau, KoranSN

Kendati ruangan Gedung Pertemuan Umum Bagas Raya Kota Lubuklinggau, Sabtu (23/6/2018) dipadati massa dari tiga pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau, disertai suara sahut-sahutan para pendukung. Namun hingga akhir acara Debat Publik Kandidat Pemilihan Walikota (Pilwako) yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Lubuklinggau, berjalan lancar, aman dan sukses.

Dihadapan para undangan ketiga Paslon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau yakni; nomor urut 1, H.Toyeb Rakembang-Soptan (TOS), nomor urut 2, H.SN Prana Putra Sohe-H.Sulaiman Kohar (Nansuko) dan Paslon nomor urut 3, H.Rustam Effendi-Rizky Aprillia (RR), secara bergantian memaparkan visi dan misinya menjawab pertanyaan yang diajukan para penalis.

Acara yang dimoderatori oleh Widya Saputra salah seorang presenter TV Swasta Nasional itu tampil sebagai penalis yakni; Direktur Eksekutif Constitutional and Elektoral Reform Centre/Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun, Guru Besar Fakultas Ekonomi Undip, Sri Suwitri, Guru Besar Fakultas Ekonomi Unsri, Didik Susetyo dan Dian Puji Simatupang dari Akademisi Fakultas Hukum UI.

Baca Juga :   Mahasiswa Sumsel Harus Hati-Hati

Dalam debat publik ini juga dihadiri oleh Sekda Kota Lubuklinggau, H.A.Rahman Sani, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunadar dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) lainnya.

Sementara itu guna menciptakan suasana debat publik kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau priode 2018 – 2023 yang akan dihelat 27 Juni 2018 tersebut, setiap undangan yang masuk ruangan dilakukan pemeriksaan ektra ketat oleh jajaran Polres Lubuklinggau.

Satu persatu undangan dilakukan pemeriksaan badan, barang bawaan dan termasuk tidak dibolehkan membawa korek api.

Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri menyampaikan kata sambutan.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri dalam sambutannya mengatakan, debat publik kedua ini merupakan bagian tak terpisahkan dari debat publik pertama dan juga rangkaian kampanye lainnya.

Baca Juga :   Oknum PNS Cabul di Naungan Pemkot Palembang Diganjar 6 Tahun Penjara

Dikatakannya, dari debat pagi ini diharapkan dapat gambaran tentang visi dan misi program pasangan calon. Diharapkan pula, dengan debat kedua ini pemilih dapat referensi untuk menggunakan hak pilihnya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengimbau, agar seluruh penyelenggara agar menjaga integritas, netralitas dan profesionalitas sebagai penyelenggara Pilkada.

“Pemungutan suara diambang pintu. Kepada para Paslon kami berharap, sukses Pilkada bukan hanya ditentukan penyelenggara tapi seluruh Paslon tim pendukung dan kampanye. Mari kita ciptakan pemungutan suara nanti damai, bersih dan berintegritas. Diujung jalan demokrasi tentu ada akhir perjalanan, menang kalah, terpilih tak terpilih harus kita terima,” ujarnya.

Sementara itu Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar menegaskan, bagi para pelaku yang mencoba untuk menggagalkan, membuat kerusuhan pada saat pelaksanaan pencoblosan (Pilkada), pasti berhadapan dengan petugas keamanan dan akan ditindak tegas.

Untuk itu, pihaknya tidak akan mentolerir dan main-main terhadap siapa pun yang akan mengacaukan proses Pilkada Kota Lubuklinggau.

“Ya pasti tindak tegas, saya tidak akan pernah main-main, tak akan beri toleransi apapun bagi siapa yang mencoba,” tegasnya kepada sejumlah wartawan disela-sela acara tersebut. (rif)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Security PT Lonsum di Lahat Tewas Digorok dan Ditusuk Senjata Tajam

Lahat, KoranSN Ristal Alam (28), security PT London Sumatera (Lonsum), Jumat (21/9/2018) tewas mengenaskan dengan ...

error: Content is protected !!