Home / Pesta Demokrasi / Debat Publik Cabup-Cawabup OKI Lancar & Aman

Debat Publik Cabup-Cawabup OKI Lancar & Aman

Komisioner dan jajaran di Sekretariat KPU OKI berfoto bersama. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, JoranSN

Kedewasaan berdemokrasi dan berpolitik ditunjukkan 3 Cabup & Cawabup OKI periode 2019-2024 saat berdebat pada Debat Publik yang diselenggarakan KPU OKI, Selasa (27/3/2018) di ruang rapat DPRD OKI. Hasilnya, debat publik pertama itu terlaksana aman dan lancar.

Debat yang dipandu Cacha Annisa (presenter TV swasta nasional) itu menghadirkan 3 panelis yang semuanya dosen, yakni Dr Andreas Leonardo SIP MSi (Unsri), Dr Markoni Badri SE MSi (Unsri) dan Prof Dr H Abdullah (UIN RF). Moderator membagi debat menjadi 4 sesi yakni paparan visi dan misi, menjawab pertanyaan panelis, tanya jawab antar Cabup-Cawabup dan paparan meyakinkan pemilih.
Aman dan lancarnya even kemarin juga karena profesionalnya penyelenggara dan petugas keamanan.

Meski dibatasi hanya 60 orang pendukung setiap Paslon yang boleh masuk ruangan dan ada ratusan berada di halaman DPRD, tidak terjadi gesekan apapun antar pendukung.

Baca Juga :   Bursah-Parhan Ajak Masyarakat Untuk Berwira Usaha
Para pendukung menyimak paparan visi misi masing-masing Paslon Cabup-Cawabup OKI.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi didampingi Dra Dirta Sarina MM (Sekretaris) mengatakan, tujuan debat publik agar masyarakat OKI mengetahui visi dan misi setiap Cabup dan Cawabup. “Kepada semua warga OKI mari berpartisipasi pada Pilkada 27 Juni dengan cara mendatangi TPS untuk memilih pemimpin 5 tahun ke depan,” ajaknya.

Secara umum, visi dan misi maupun tanya jawab antar Paslon menyorot dan mengupas kondisi dan rencana meningkatkan infrastruktur jalan. Setiap Paslon juga berjanji akan memberikan servis prima kepada warganya terkait pelayanan publik karena pemimpin adalah pelayanan masyarakat.

Baca Juga :   Jika Masih Senang dengan Ridho-Fikri, Jangan Coblos Kotak Kosong!

Adapun ketiga Paslon Bupati dan Wabup OKI itu yakni nomor urut 1 H Iskandar SE-HM Dja’far Shodiq (ISO), nomor urut 2 Abdiyanto SH MH-Made Indrawan ST MH (ADE) dan nomor urut 3 H Azhari SH-H Qomaruszaman SPd MSi (AQOR). ISO maju di Pilkada diusung koalisi Parpol PAN, Demokrat, PKB, NasDem dan PBB atau berjumlah 19 kursi legislatif di DPRD OKI.

ADE hanya diusung PDIP yang berjumlah 9 kursi dan AQOR diusung Golkar, Gerindra, Hanura dan PKS dengan jumlah kursi 17 kursi. Iskandar merupakan Bupati OKI periode 2014-2019. Dja’far Shodiq, Abdiyanto dan Made Indrawan anggota DPRD OKI periode 2014-2019, Azhari pengusaha dan Qomaruszaman mantan Kepala Diknas OKI tahun 2010-2015. (iso)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPU Sumsel Mulai Rekapitulasi Suara, Targetkan 6-7 Daerah Perhari

Palembang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mulai menggelar rapat pleno penghitungan perolehan suara Pemilu …