Dengan Gerakan ‘Hatinya PKK’, Fitri Askolani Ajak Warga Manfaatkan Lahan Pekarangan

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin dr Fitriyanti Askolani dalam rangka penilaiannya Hatinya PKK, Rabu (24/6/2020). (foto-ist)

Banyuasin, KoranSN

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin dr Fitriyanti Askolani mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing untuk ditanam sayuran, buah-buahan hingga tanaman obat. Kegunaannya, selain untuk mempercantik pekarangan rumah agar terlihat asri dan hijau juga untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

PKK Banyuasin terang Fitri, sudah membuat gerakan ‘Hatinya PKK’ singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK.

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Pokja III PKK Seluruh Indonesia termasuk Pokja III TP PKK Banyuasin. Dimana melalui program ini PKK membina kader PKK dan masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing walaupun kecil dan minimalis untuk diatur sedemikian rupa, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

“Salah satu manfaat pekarangan diantaranya kebun gizi keluarga dengan buah dan sayur, apotik hidup dengan tanaman obat tradisional, warung hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta tanaman perlindungan dan tanaman keras,” terang dokter lulusan Universitas Sriwijaya ini saat berkunjung ke Desa Talang Lubuk Kecamatan Sumber Marga Telang dalam rangka penilaiannya Hatinya PKK, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga :   Kapolres Pimpin Gelar Pasukan Operasi Musi 2019

Melalui gerakan ‘Hatinya PKK’ ini jelas Fitri, dirinya berharap masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

“Mari kita sama-sama memanfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin melalui Hatinya PKK dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman, ternak dan ikan. Diharapkan dapat menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam secara terus menerus, guna pemenuhan gizi dan pendapatan keluarga apalagi ditengah pandemi covid 19 saat ini,” harapnya.

Talang Lubuk Nominasi Hatinya PKK

Sementara Ketua TP PKK Banyuasin dr Fitriyanti Askolani bersama pengurus PKK Banyuasin, mengunjungi Desa Talang Lubuk Kecamatan Sumber Marga Telang.

Baca Juga :   Bertambah 1, Total Positif Covid-19 di Banyuasin Jadi 16 Kasus

Desa Talang Lubuk merupakan salah satu kecamatan yang masuk nominasi kecamatan yang memenuhi kreteria penilaian hatinya PKK yang sebelumnya sudah dilakukan verifikasi melalui profil Desa yang dikirim Pokja III TP PKK Banyuasin.

Diharapkan Kecamatan ini nantinya dapat mewakili Kabupaten Banyuasin dalam penilaian ‘Hatinya PKK’ tingkat Provinsi Sumsel.

Turut Hadir, Ketua DWP Hj Hamida Senen, Kadis Ketahanan Pangan Hj Anna Suzana, Camat SMT Surono, Ketua TP PKK Kecamatan SMT (sir/rel)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Daerah Terisolir Sudah Dicor Beton

Banyuasin, KoranSN Tokoh Pendiri Kabupaten Banyuasin Drs H Noer Muhammad terharu dan sambutannya sempat terhenti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.