Home / Headline / Densus 88 Antiteror Tangkap 7 Terduga Teroris

Densus 88 Antiteror Tangkap 7 Terduga Teroris

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Warga menunjukkan garis polisi terpasang di rumah kontrakan ‘SP’ alias Abu Daud. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Tim Densus 88 Antiteror (AT) Mabes Polri diback-up Polda Sumsel, Rabu (18/7/2018) menangkap tujuh terduga teroris di Banyuasin dan Kota Palembang. Ketujuh terduga teroris tersebut ditangkap di lokasi berbeda, usai diamankan selanjutanya para terduga teroris dibawa ke Mako Brimob Polda Sumsel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penangkapan tujuh terduga teroris tersebut terdiri dari; lima orang ditangkap di Palembang dan dua orang ditangkap di Banyuasin. Untuk terduga teroris yang ditangkap di Kota Palembang yakni; ‘AA’ (30), ditangkap saat berada di persimpangan jalan di Jalan KH M Said Kelurahan Karya Jaya Kertapati Palembang, kemudian ‘SE’ alias Abu Kuro (35), warga Jalan Basuki Rahmat Lorong Perikanan III Palembang ditangkap di Jalan Residen Abdul Rozak Kecamatan IT II Palembang dan ‘ZL’ (26), ditangkap saat berada di salah satu loket travel wisata di Jalan Kolonel Atmo Palembang Lalu terduga ‘ES’ alias Hasan Al Basri (30), ditangkap saat berada di salah satu ATM di kawasan Jalan Mayor Zen Palembang, ‘EK’ alias Hasan Al Basri (31) ditangkap di Palembang serta ‘HS’ alias Abu Zubair (32), ditangkap saat berada di Jalan DI Panjaitan tepatnya di depan lapangan Patra Jaya Plaju Palembang.

Sedangkan untuk terduga teroris yang ditangkap di Banyuasin yakni; ‘SP’ alias Abu Daud (31) ditangkap di rumah yang dikontaraknya Jalan Petaling II Kecamatan Mariana Banyuasin serta ‘AR’ alias Abu Husna (33), yang juga ditangkap di kawasan Mariana Banyuasin.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (19/7/2018) mengatakan, penangkapan tujuh terduga teroris tersebut dilakukan selama 4 jam yakni mulai dari pukul 16.30 WIB hingga pukul 20.30 WIB. Para terduga teroris ini ditangkap karena merupakan sel-sel teroris dari Jamaah Ansurod Khilafah (JAK) yang berbait ke ISIS.

“Jadi benar Densus 88 AT telah menangkap 7 terduga teroris di Banyuasin dan Palembang. Saat ini semuanya telah diamankan dan masih dalam proses penyelidikan penyidik Densus 88 Antiteror Mabes Polri,” kata Kapolda.

Menurut Kapolda, dari penangkapan tersebut Densus 88 Antiteror mengamankan barang bukti berupa paralon dan sejumlah buku buku tentang jihat.

“Tujuh terduga teroris ini kan jaringan JAK yang kiblatnya ke Abu Husnah yang berada di Solo, dan menurut mereka JAK itu tidak begitu progresif seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Bahkan salah satu dari tujuh terduga teroris yang ditangkap merupakan anak dari terduga teroris yang pernah di tangkap di Lampung,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Kapolda, penangkapan ketujuh terduga teroris tersebut merupakan bentuk pencegahan agar di Sumsel tidak terjadi ganguan-ganguan Kamtibmas.

“Ini upaya Polri agar pelaksanaan Asian Games 2018 dan Pemilu 2019 lebih aman kondusif dan ini langkah kami agar sel-sel teroris tidak menganggu kenyamanan, ketentraman dan keamanan masyarakat Sumsel dan Indonesia,” ungkapnya.

Disinggung apakah ketujuh terduga teroris tersebut berencana akan melakukan aksi teror di Sumsel? Dikatakan Kapol jika saat ini penyidik Densus 88 masih melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

“Masih dalam penyelidikan karena usai ditangkap dan diamankan maka tahap selanjutnya dilakukan penyelidikan. Apabila dalam penyelidikan ini penyidik menilai cukup unsur pidana terorisme-nya. Barulah dilakukan penyidikan untuk ditetapkan sebagai tersangka,” tutup Kapolda. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Kereta LRT Mogok, Kapolda: Saya Selidiki Usai Asian Games

Palembang, KoranSN Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Senin (13/8/2018) menegaskan, usai pelaksanaan Asian Games ...

error: Content is protected !!