Desa Rindu Hati Jadi Kampung KB

Sekda Nasrun Aswari saat bertukar cindramata. (Foto-Robby/Koransn)
Sekda Nasrun Aswari saat bertukar cindramata. (Foto-Robby/Koransn)

Lahat, KoranSN
Desa Rindu Hati Kecamatan Gumay Ulu, Lahat diresmikan menjadi kampung Keluarga Berencana (KKB), Senin (11/04/2016) oleh perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel, Ari Gunadi. Kemudian Ketua PKK Hj RR Kurnia Sismartianti ditunjuk menjadi icon KB IUD Sumsel.

“Tujuan pencanangan KKB di wilayah penduduk miskin, terpencil, padat penduduk, masyarakat tidak mampu, dan tidak memiliki akses kesehatan lebih banyak, sehingga terlayani,” tutur Ari Gunadi.

Sementara itu Camat Gumay Ulu, Santoso mengatakan, Desa Rindu Hati Gumay Ulu sebagai KKB sangat tepat dijadikan Kampung KB karena di desa tersebut tingkat pendidikan masyarakat masih rendah, pengetahuan, menikah di usia dini dan taraf hidup masyarakat yang masih kurang. “Kita jelas berharap desa ini bisa berkurang tingkat pernikahan usia dini, bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat dan ibu rumah tangga juga bisa membantu taraf hidupnya,” katanya.

Baca Juga :   300 Anggota KMA Desa Tabuan Asri Tolak Teken Utang

Sementara itu Sekda Nasrun Aswari mengatakan, bahwa dari KKB dapat meningkatkan pembangunan terpadu sinergi antara masing-masing dinas lainnya. “Bimbingan dan fasilitas kesehatan dapat meningkatkan peserta KB. Lebih-lebih lagi dibutuhkan dukungan bapak-bapak untuk mengerti KB, sehingga tidak ibu saja disuruh ber-KB,” tegas Nasrun.

Pelayanan KB gratis kemarin mencapai 58 peserta Implan dan 1 IUD. “Banyak ketakutan ibu-ibu untuk menggunakan IUD, perlunya sosialisasi dan pembelajaran bahwa IUD aman bagi ibu-ibu juga peran serta aktif bapak-bapaknya,” kata RR Kurnia
Sismartianti Aswari selaku Ikon KB IUD.(rob)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Cakada Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Indralaya, KoranSN Selain melaksanakan pengundian nomor urut untuk pasangan calon bupati dan waki bupati Ogan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.