Home / Gema Sriwijaya / Dewan PALI Minta Setiap Kecamatan Satu Mobil Damkar

Dewan PALI Minta Setiap Kecamatan Satu Mobil Damkar

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
Hairul Mursalin (Foto-Anas/Koransn)

PALI, KoranSN

Anggota DPRD Kabupaten PALI, Hairul Mursalin meminta agar setiap kecamatan yang ada di Kabupaten PALI memiliki satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Hal itu, karena jika terjadi kebakaran, mobil Damkar dari pemerintah sering datang terlambat, karena datangnya dari ibukota kabupaten.

“Rumah sudah habis terbakar, mobil damkar Pemkab PALI baru datang. Sudah sering kejadian seperti itu. Seperti baru-baru ini kebakaran yang menimpa rumah M. Toha warga Desa Tanah Abang Selatan kecamatan Tanah Abang. Rumahnya sudah ludes, mobil damkar pemkab PALI baru tiba,” ungkap Hairul.

Untuk itulah, tokoh pemuda kecamatan Tanah Abang itu meminta kepada Pemkab PALI untuk menyediakan satu unit mobil damkar setiap kecamatan.

“Tidak ada yang menginginkan rumahnya kebakaran. Akan tetapi, kita tidak lanjut hanya berdiam diri. Rumah M. Toha ludes akibat kurangnya sarana. Makanya, kepada pihak terkait agar bisa menganggarkannya,” tukasnya.

Sementara itu, H. Chairullah kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten PALI mengaku sudah sering mengusulkan penambahan mobil damkar, minimal satu kecamatan satu mobil.

Namun, usulan tersebut sambung Chairullah selalu gagal lantaran terkendala minimnya anggaran.

“Kami selalu mengusulkan satu kecamatan satu unit mobil damkar dan penambahan personel minimal setiap kecamatan 12 orang. Tapi tidak pernah terealisasi. Bahkan, sejak tahun 2016, pihak kami belum pernah mengadakan pengadaan mobil damkar,” jelas Chairullah.

Ia juga menerangkan saat ini jumlah mobil damkar di kabupaten PALI berjumlah tiga unit, ditambah tiga unit mobil tanki air.

“Untuk tanki air, itupun baru ditambah pada tahun 2018 ini sebanyak dua tanki. Jadi yang sebelumnya satu unit mobil tanki, sekarang jadi tiga unit mobil tanki. Dan kesemuanya itu diletakkan di kantor DPK Kabupaten PALI. Sehingga memang benar, ketika terjadi kebakaran di kecamatan lain kami selalu kesulitan menjangkaunya. Tak jarang harus ngebut agar bisa sampai ke lokasi,” ungkapnya.

Namun, pihaknya juga saat ini tengah mengajukan usulan meminta bantuan mobil damkar ke pemerintah pusat. “Saat ini kami sedang mengusulkan bantuan ke pemerintah pusat. Semoga disetujui dan bisa menambah operasional di DPK,” tutupnya. (ans)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Sekda Janji Laporkan PNS OKI Bolos ke Menpan RI

Kayuagung, KoranSN Usai mendapat libur Idul Fitri selama 11 hari, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ...

error: Content is protected !!