Diamuk ‘Si Jago Merah’, Satu Rumah Ludes Terbakar

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pagaralam, KoranSN

Kebakaran kembali melanda pemukiman warga di kota Pagaralam. Senin (6/62016) sekitar pukul 14.30 WIB, Si Jago Merah mengamuk di dusun Ujan Mas Kelurahan Jangkar Mas Kecamatan Dempo Utara. Akibatnya, satu rumah ludes terbakar. Rumah seukuran sekira 12 x 8 meter ini didiami dua kepala keluarga (KK) yakni Husni (60) dengan anaknya Yatmi (40).

Menurut Islan (49), warga yang pertamakali melihat kebakaran, api pertamakali muncul di bagian dapur. Posisi dapur berada menjorok ke samping rumah.

“Waktu pertama kali saya lihat, api sudah besar. Sebagian dapur sudah terbakar,” ungkap Islan.

Saat kejadian, Islan tengah melakukan perbaikan di salahsatu bagian rumahnya. Rumah Islan ini sendiri berada tepat di samping rumah Husni. Ketika melihat api menjalar dengan cepat, sontak Islan mencelat ke luar dari tempatnya bekerja.

“Langsung saya teriak-teriak minta tolong. Supaya warga lain tahu ada kebakaran di sini,” lanjut Islan.

Dusun Ujan Mas pun geger. Dalam sekejap, puluhan warga pun berdatangan ke tempat kejadian perkara (TKP). Dengan peralatan seadanya, warga berusaha memadamkan api.

“Kami tiba di TKP ketika api sudah besar. Langsung saja kami berupaya memadamkannya,” tambah Herman, Ketua RT 05 dusun Ujan Mas.

Baca Juga :   Sekda: Jangan Saling Hujat Antar Pendukung Caleg

Sebagian warga lagi menghubungi unit penanggulangan bahaya kebakaran (PBK) BPBD kota Pagaralam. Tak lama, 4 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di TKP. Dengan bantuan warga, petugas PBK memadamkan api.

Proses pemadaman api ini langsung dipantau oleh Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati. Ida memberikan instruksi agar petugas PBK cepat memadamkan api. Selain itu Ida juga langsung mengujungi Husni, korban kebakaran. Ida nampak memberikan beberapa pesan kepada Husni. Tak berselang lama, api pun berhasil didadamkan. Sehingga tidak sempat menjalar ke rumah-rumah warga lainnya.

Ketika ditemui, Husni menuturkan, saat kebakaran, dirinya bersama anggota keluarganya sedang tidak ada di rumah.

“Saya di sawah. Pas balek sudah terbakar seperti ini,” ucap Husni, lirih sembari memandangi rumahnya yang ludes nyaris tak bersisa.

Husni mengaku, tidak punya firasat apapun ketika meninggalkan rumah. Dia menyatakan, saat ditinggalkan, rumahnya dalam keadaan aman.

“Lampu kami matikan. Kompor di dapur juga kami matikan,” tuturnya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala BPBD kota Pagaralam Herawadi SSos melalui Kasi Logistik, Kusmi Efendi SE, menyatakan, rumah yang terbakar itu didiami dua KK.

“Jadi dalam satu rumah ada dua KK. Satu KK yang dikepalai Husni, satu KK lagi dikepalai oleh Yatmi. Yatmi ini sendiri tak lain adalah anak dari Husni,” urainya.

Baca Juga :   44 BPD di Empat Lawang Resmi Dilantik

Akibat kebakaran itu sebut Kusmi, kerugian yang diderita korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. “Kita perkirakan kerugian mencapai Rp 300 juta. Sudah kita hitung,” jawabnya. BPBD berencana secepatnya memberikan bantuak kepada korban kebakaran.

Dugaan sementara, kebakaran disebabkan hubungan arus pendek. “Sedangkan untuk penyebab pastinya, kita masih menunggu hasil olah TKP dan identifikasi dulu,” ucap Kapolres Pagaralam AKBP Hendra Gunawan SIk, melalui Kapolsek Dempo Utara, Iptu Jalaludin ketika ditemui Pagaralam Pos di TKP.

Sementara itu, Lurah Jangkar Mas Ferimansyah SE MM menyatakan, pihaknya akan melaporkan kebakaran tersebut kepada pihak terkait. “Kita akan buat laporan tertulis. Harapan kita supaya korban bisa mendapatkan bantuan secepat mungkin,” kata Feri. (asn)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Bupati OKI, Mahasiswa dan Petani Cari Solusi Konflik Lahan & Bansos Covid-19

Kayuagung, KoranSN Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE menggelar dialog dengan perwakilan mahasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.