Home / Lacak / Diduga Ada Pungli Parkir di Pasar Sako, Puluhan Jukir Diamankan Polda Sumsel

Diduga Ada Pungli Parkir di Pasar Sako, Puluhan Jukir Diamankan Polda Sumsel


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Puluhan Jukir di kawasan Pasar Sako Palembang saat diamankan di Mapolda Sumsel. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Aparat kepolisian Direktorat Sabhara Polda Sumsel, Rabu siang (16/5/2018) mengangkut sekitar 20 juru parkir (Jukir) di kawasan Pasar Sako. Diamankan para Jukir tersebut menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait dugaan pungutan liar (Pungli) parkir di pasar tersebut.

Kasubdit Gakkum Direktorat Sabhara Polda Sumsel, AKBP Arif Wibowo mengatakan, sudah menjadi tugas pokok dari Direktorat Sabhara Polda Sumsel melakukan kegiatan preventif guna memberikan keamanan kepada masyarakat. Dari itulah pihaknya melakukan razia dan mengamankan sekitar 20 Jukir di kawasan Pasar Sako Palembang.

“Para Jukir ini diamankan, karena berdasarkan informasi dari masyarakat jika di Pasar Sako diduga ada Pungli biaya parkir kendaraan. Untuk itulah jajaran kami melakukan razia dan mengamankan puluhan Jukir tersebut ke Polda Sumsel,” ungkapnya.

Baca Juga :   Website Diretas, PN Palembang Lapor Polisi

Masih dikatakan Arif, dari semua Jukir yang diamankan, pihaknya tidak mendapatkan barang bukti senjata tajam ataupun narkoba. Dari itulah puluhan Jukir tersebut hanya dilakukan pendataan.

“Dari pendataan yang kami lakukan, kebanyakan mereka (Jukir) tidak memilik KTP, bahkan ada diantara Jukir yang diamankan mengaku selain Jukir juga sopir serep angkot. Namun ketika kami minta SIM, malahan yang bersangkutan mengaku belum memiliki SIM. Dari itulah, kami lakukan pendataan dan himbauan kepada mereka agar kedepannya tidak melakukan perbuatan yang melanggar aturan dan hukum,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dua Mantan Karyawan BRI Ditahan

Lebih jauh diungkapkan Arif, diamankannya puluhan Jukir tersebut juga dalam rangka Operasi Premanisme 2018 yang kedepannya akan terus dilakukan oleh jajarannya.

“Kedepan razia-razia seperti ini tetap terus kami lakukan, tujuannya agar masyarakat tidak resah saat berbelanja di pasar-pasar tradisonal yang berada di Kota Palembang ini,” terangnya.

Lanjut Arif, selain itu razia yang dilakukan juga dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di bulan Suci Ramadhan.

“Besok (hari ini) masyarakat kan sudah menjalani ibadah puasa makanya kami melakukan razia ini. Harapannya agar masyarakat kita aman dan tenang saat berbelanja di pasar pada bulan puasa,” tutupnya. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Perahu Disenggol Tongkang, Solbiah Tewas di Hadapan Suami di Sungai Baung OKI

Kayuagung, KoranSN Seorang nenek berusia 65 tahun bernama Solbiah tewas dihadapan suaminya usai perahu yang ...