Selasa , Oktober 23 2018
Home / Lacak / Diduga Dampak Pemutusan Arus Listrik, Kontrakan di Talang Semut Terbakar

Diduga Dampak Pemutusan Arus Listrik, Kontrakan di Talang Semut Terbakar

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Palembang saat memadamkan api bersama warga. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Rumah kontrakan yang dihuni oleh Suharto (50) dan keluarga di Jalan Muhajirin RT 08 RW 03 Kelurahan Talang Semut Palembang, Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 10.00 WIB terbakar. Kebakaran ini terjadi diduga dampak dari kabel arus listrik di rumah korban yang diputuskan lantaran menunggak iuran listrik.

Ketua RT setempat, Cek Tom (61) mengatakan, saat kejadian api sudah terlihat membesar diatas bangunan kontrakan berlantai dua tersebut. Warga yang melihat kejadian itu kemudian langsung bahu-membahu memadamkan api dengan alat seadanya serta menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kota Palembang.

“Kebakaran itu terjadi karena sebelumnya listrik di kontrakan tersebut diputusan oleh PLN, karena penghuninya menunggak iuran. Namun ada yang salah dari pemutusan arus listrik ini. Sebab, kabel yang tersambung dari tiang listrik di pinggir jalan ke meteran di rumah tersebut diputuskan oleh petugas dengan memotong kabel di atas bangunan rumah. Sementara untuk kabel di tiang listrik tidak dipotong atau dibiarkan saja. Sehingga di atas rumah yang terbakar tersebut terdapat kabel yang masih dialiri oleh listik sehingga memicu api hingga rumah kontrakan tersebut terbakar,” ungkapnya.

Baca Juga :   Bantu Bandar Edarkan Narkoba, Yudha Ditetapkan Jadi Tersangka

Masih dikatakan Cek Tom, pemutusan listrik di rumah kontrakan yang terbakar tersebut memang dilakukan PLN sejak beberapa waktu yang lalu. Namun, dengan adanya kabel yang masih dialiri listik di atap rumah tentunya menjadi pemicu kebakaran terjadi.

“Dengan adanya kejadian ini membuat warga menjadi cemas, sebab di lokasi ini merupakan wilayah padat penduduk. Kami harap kedepan petugas PLN tidak melakukan hal yang sama,” tandasnya.

Sementara Amin (51), yang merupakan warga dan juga saksi mata kebakaran tersebut mengatakan, saat kejadian api di lantai dua rumah tersebut dengan cepat membesar hingga membuat warga sekitar menjadi panik.

Tampak bangunan rumah kontrakan yang terbakar.

“Api muncul dari kabel listrik yang ada di atas rumah. Api berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman api bersama-sama dengan warga,” ujarnya.

Baca Juga :   Polisi Buru Dua Pelaku Pembunuh Yoppi Novrianto

Terpisah, Manajer Hukum dan Humas PLN WS2JB, Rosmalia saat dikonfirmasi terkait kebakaran yang terjadi diduga dampak dari pemutusan arus listrik yang dilakukan PLN mengatakan, jika pihaknya akan mempertanyakan hal tersebut kepada kantor rayon yang berada di wilayah tersebut.

“Sebab belum tentu kebakaran tersebut terjadi akibat listrik. Walaupun demikian, tentunya hal ini akan kami pertanyakan kepada petugas PLN di royon wilayah tersebut. Selain itu kami juga akan menanyakan terkait apa permasalahan yang terjadi sehingga dilakukan pemutusan arus listik di rumah itu,” tutup Rosmalia.

Sedangkan Kapolsek IB I Palembang, Kompol Masnoni mengatakan, tidak ada korban jiwa dari kebakaran tersebut namun akibat kebakaran yang terjadi api membakar hangus bangunan di lantai dua rumah kontrakan yang dihuni oleh korban Suharto.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi api berasal dari atap rumah. Melihat adanya api lalu warga berteriak dan langsung membantu memadamkan api. Tak lama kemudian, datang empat unit mobil pemadam kebakaran hingga api berhasil di padamkan. Sementara untuk penyebab kebakaran tersebut terjadi kini masih dalam proses penyelidikan kami,” tegas Kapolsek. (ded)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Rampas Samurai Saat Bentrok, Security PT Lonsum di Lahat Tewas Dibacok

Palembang, KoranSN Security PT Lonsum, Ristal Alam (27) tewas dibacok senjata tajam (Sajam) jenis golok ...

error: Content is protected !!